Presdir Lion Air Sebut Pesawat JT 610 Layak Terbang

0
115
Presdir Lion Air Edward Sirait. (Ist)

JAKARTA (Garudanews.id) – Presiden Direktur (Presdir) Lion Air Edward Sirait memastikan pesawat terbang yang mengalami musibah di Tanjung Pakis Karawang Jawa Barat dalam keadaan layak terbang.

Terkait dengan adanya spekulasi yang berkembang bahwa jatuhnya pesawat akibat kebocoran tanki bahan bakar, sampai dengan saat ini dirinya tidak mau menyimpulkan.

“Terkait dengan adannya isu yang berkembang bahwa penyebab kecelakaan kami masih menunggu investigasi dari pihak yang berwenang,” saat memberikan keterangan kepada sejuah wartawan, Senin (29/10).

Edward menegaskan, berdasarkan standar operasi penerbangan, sebelum pesawat tersebut diberangkatkan, ia memastikan bahwa setiap pilot dilakukan pemeriksaan terkait dengan penggunann alkohol dan narkoba. Dan hasilnya tidak ditemukan.

“Dan poilot dalam kondisi siap terbang,” ucapnya.

Lanjut dia, pilot yang membawa pesawat Lion Air JT 610 itu juga dinilai sudah cukup senior karena sudah mecapai 6000 jam terbang.

Selain itu, kata dia, proses pelepasan pesawat dari pabrikannya juga telah mendapatkan sartifikat.

“Dan saat masuk di indonesia juga sudah mendapatkan sertfkasi dari kemenhub,” bebernya.

Lanjut dia, skedul mentenance terhadap kondisi pesawat JT 610 telah dilakukan setiap saat. Dan dpat dipastikan pesawat dalam kondiai layak pakai.

Ia berharap agar agar para keluarga penumpang sabar terkait dengan analisa data penyebab kecelakaan.

“Instansi yang berwenang itulah nanti yang dapat menjadi acuan sebagai jawaban persoalan jatuhnya pesawat. Entah itu dari voice recorder maupun data dari kotak hitam yang dimiliki pesawat tersebut,” jelasnya.

Untuk itu, pihaknya juga telah membentuk crisis center untuk memastikan para korban dan melayani keluarga korban.

Adapun untuk pemberian santunan yang akan diberikan pihak Lion Air terhadap para korban, pihaknya tetap mengacu kepada aturan perundang-undangan.

“Kita akan ikuti aturan. Namun demikian kami turut prihatin. Namun sampai saat ini kami belum mendapatkan berapa korban yang jatuh. Kalau ada korban tentunya kami turut berduka cita. Karena didalam pesawat tersebut ada anggota dan karyawan kami,” pungkasnya. (Edr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here