Ratusan Siswa SMAN 1 Kota Bekasi Belajar di Luar Kelas

0
267
Istri Gubernur Jawa Barat, Dr. Hj. Netty Prasetiyani, M.Si, memberikan materi edukasi mengenai sekolah ramah anak kepada siswa-siswi SMA Negeri 1 Kota Bekasi dalam kegiatan Kelas Extra bekerjasama dengan Bank BJB dan Pemprov Jabar.

KOTA BEKASI (Garudanews.id) – Ratusan siswa-siswi SMA Negeri 1 Kota Bekasi kelas 10 dan 11 belajar di luar kelas. Kegiatan belajar di luar kelas tersebut bukan karena keterbatasan ruang kelas, melainkan salah satu program Kelas Extra yang diselenggarakan di SMA Negeri 1 Kota Bekasi oleh Bank BJB cabang Kota Bekasi bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Salah seorang nara sumber Kelas Extra, Dr. Hj. Netty Prasetiyani, M.Si, menuturkan bahwa kegiatan Kelas Extra dimana mengajak sejumlah siswa-siswi SMA Negeri 1 Kota Bekasi untuk belajar di luar kelas, merupakan salah satu bentuk dan proses pembelajaran agar mereka tidak merasa jenuh.

“Hal ini merupakan salah satu upaya agar para siswa tidak mengalami kejenuhan ketika proses belajar di dalam kelas berlangsung,” katanya, Selasa (13/3).

Sambung dia, selain itu, hal ini juga sebagai bentuk inovasi bagi para guru di sekolah untuk menghadirkan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan.

“Proses pembelajaran di luar kelas juga memungkinkan para guru kelas mengedepankan proses inovasi di dalam belajar, sehingga mereka tidak bosan ketika menerima materi,” jelasnya.

Netty pada kesempatan itu juga mengatakan, melalui kegiatan ini bisa menjadi salah satu program dalam mewujudkan sekolah ramah anak.

Sehingga sekolah itu tidak lagi membosankan bagi siswa di dalam menempuh pendidikan formalnya di sekolah karena sekolah bukan menjadi sebuah penjara, bukan tempat untuk tindak kekerasan dan sebagainya melainkan sebagai tempat yang menyenangkan untuk kegiatan belajar mengajar siswa.

“Melalui kegiatan ini SMA Negeri 1 Kota Bekasi diharapkan bisa menjadi pelopor dari sekolah ramah anak, sehingga mereka tidak lagi merasa bosan ketika belajar,” ulasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Bidang Pengawasan Wilayah 3 Provinsi Jawa Barat, Mawar, mengatakan melalui program ini diharapkan bisa menjadi stimulus bagi para siswa untuk lebih meningkatkan lagi proses belajarnya baik di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal mereka.

“Saya berharap melalui kegiatan Kelas Extra yang mengedepankan dialog interaktif dan proses edukasi kepada siswa, bisa menjadi stimulus bagi siswa untuk meningkatkan proses pembelajarannya,” terangnya.

Kegiatan Kelas Extra yang dilaksanakan selama satu hari tersebut, juga dilakukan dialog atau talkshow interaktif dengan semangat menjadikan sekolah ramah anak serta membagi-bagikan sejumlah sepeda kepada siswa-siswi di lingkungan SMA Negeri 1 Kota Bekasi. (Gir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here