Relawan PMI Ujung Tombak Misi Kemanusiaan

1

TANGERANG (Garudanews.id) – Relawan Palang Merah Indonesia menjadi ujung tombak dalam menjalankan berbagai misi kemanusiaan di tengah masyarakat sehingga perlu kekompakan antarrelawan sebagai kunci keberhasilan Korps Sukarelawan (KSR).

“Relawan PMI harus menjadi garda terdepan dalam melakukan berbagai operasi kemanusiaan salah satunya dalam evakuasi dan penyelamatan korban bencana. Bahkan, kekompakan dan dedikasi relawan tidak bisa dipandang sebelah mata dalam menjalankan berbagai misinya yang tanpa lelah dan pamrih,” kata Ketua Palang Merah Indonesia Kota Tangerang Kuswarsa melalui sambungan telepon, Sabtu (9/3).

Menurutnya, perlu adanya musyawarah anggota yang tujuannya untuk melahirkan generasi-generasi muda yang dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Kota Tangerang maupun dalam pengembangan organisasi KSR dan PMI.

Selain melaksanakan kegiatan musyawarah anggota KSR juga merumuskan tatalaksana dan program kerja untuk kegiatan-kegiatan ke depan. Seperti dalam menentukan program harus diawali dengan analisis strengths, weaknesses, opportunities dan threats (SWOT).

Metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi SWOT yang dimiliki KSR PMI Unit Markas Kota Tangerang juga harus sejalan dengan program dari pengurus demi terwujudnya misi di tengah masyarakat.

Sementara, Ketua Pelaksana Musyawarah KSR Dias menambahkan musyawarah anggota tersebut dihadiri relawan sebanyak 37 orang dengan tujuan memilih ketua yang baru dan menyusun tatalaksana dan program kerja di 2019.

“Kita berharap program-program yang disusun dapat membantu PMI Kota Tangerang dalam memberi pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan,” tambahnya, dikutip dari Antara.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Wakil Pengurus Bidang Pengembangan Organisasi dan Sumber Daya Manusia PMI Kota Tangerang Ibrohim dan Kakil Ketua Bidang Penanggulangan Bancana PMI Kota Tangerang Asep Yuliarto. (Sfa)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan tanggapan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.