Ribuan WB Kejar Paket C di Indramayu Siap Ikuti UNBK

2

INDRAMAYU (Garudanews.id) – Sebanyak 1.496 warga belajar (WB) Kejar Paket C atau setara jenjang SMA di Kabupaten Indramayu siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sejumlah persiapan pun telah dilakukan oleh pihak penyelenggara.

Kepala Bidang Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu, Sukanto, menjelaskan, jumlah WB yang akan mengikuti UNBK itu terdiri dari 109 orang jurusan IPA dan 1.387 orang jurusan IPS. Mereka tersebar di 56 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) penyelenggara UNBK, yang berada di 27 kecamatan di Kabupaten Indramayu.

‘’Iya, ada 1.496 WB yang akan mengikuti UNBK,’’ ujar Sukanto, Jumat (22/3).

Sukanto mengatakan, untuk menyiapkan para WB dalam menghadapi UNBK, para PKBM telah memberikan pelatihan pengoperasian perangkat komputer yang tersambung dengan jaringan internet. Dengan pelatihan itu, diharapkan para WB paham cara mengikuti UNBK.

Selain itu, lanjut Sukanto, masing-masing PKBM tersebut juga telah menggelar simulasi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) pada 11-15 Maret 2019. Dia menilai, simulasi USBN itu sangat penting sebagai bekal para WB agar tidak gugup saat menghadapi soal-soal dalam UNBK nanti.

‘’Jika melihat hasil simulasi USBN, kami optimistis hasil UNBK Kejar Paket C tahun ini mampu mencapai target angka kelulusan seratus persen,’’ tukas Sukanto.

Sukanto mengungkapkan, program Kejar Paket A, B maupun C sangat baik untuk membantu warga yang sebelumnya putus sekolah atau belum sempat mengikuti pendidikan reguler. Menurutnya, ijazah Kejar Paket A, B dan C pun setara dengan ijazah sekolah reguler.  (Rep/Sfa)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan tanggapan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.