Sandiaga Uno Mundur, PKS Minta Diprioritaskan untuk Kursi Wagub DKI

0
218
Sohibul Iman (ist)

JAKARTA (Garudanews.id) – Sandiaga Uno memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta setelah resmi mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Alhasil, jabatan wakil gubernur DKI Jakarta akan kosong untuk sementara waktu sambil menunggu penentuan wakil gubernur yang baru.

Dilansir dari Kompas, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono menjelaskan prosedur pengisian jabatan wakil gubernur yang kosong.

“Untuk jabatan wagub yang kosong, menurut prosedur akan diisi melalui proses pemilihan di DPRD DKI,” ujar Sumarsono ketika dihubungi, Jumat (10/8/2018).

Sumarsono mengatakan partai pengusung Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, yaitu Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), akan mengirim dua nama calon pengganti.

Kemudian, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengirim nama tersebut ke DPRD DKI.

“Dari dua calon itu, DPRD akan memilih salah satu,” kata Sumarsono.

Presiden PKS, Sohibul Iman, meminta agar jabatan wakil gubernur yang bakal ditinggalkan Sandiaga harus diprioritaskan untuk kader PKS.

“Tentu dari PKS memberikan posisi calon wakil presiden (ke Gerindra) tentu mereka memberikan hak prioritas kepada PKS untuk menjadi Wagub,” ujar Sohibul di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jln Imam Bonjol, Jumat (10/8/2018).

Seperti diketahui, dua nama muncul sebagai pengganti Sandiaga.

Pertama Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera, dan Ketua DPD Gerindra DKI, M Taufik.

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengaku dirinya belum tahu soal kemungkinan dipilih sebagai wakil gubernur pengganti Sandiaga.

“Ya kalau menyebut… Semua juga bisa menyebut (nama), tetapi kan menununggunya nanti,” ujar Mardani.

Untuk mengisi jabatan wakil gubernur DKI Jakarta, Mardani menyerahkan usulan nama PKS kepada Sohibul Iman.

“Tanya saja ke Pak Prabowo atau Pak Sohibul Iman. Saya juga enggak tahu apa-apa. Aku nih sekarang lagi fokus menangin Sandi dulu,” ujar Mardani.

Pada 2016, Mardani Ali Sera merupakan Ketua Tim Pemenangan Anies-Sandi. (Red/Lya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here