Satpol PP Tutup Lokasi Penambangan Galian C Ilegal

0
128

PASURUAN (Garudanews.id) – Pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pasuruan melakukan penutupan tambang galian C (sirtu) yang berlokasi di dusun Parasan, kelurahan Grati Tunon, kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Tambang tersebut termasuk yang belum mempunyai izin dari pihak pemerintah, namun sangat di sayangkan pihak tambang ini terkesan tidak menghiraukan sikap tegas dari Satpol PP. Meski pada hari jumat sebelumnyatelah dilakukan penutupan, namun pada Sabtu (keesokan harinya) pihak tambang nekat menjalankan operasinya.

Mengira hari itu hari libur untuk aparat atau bukan hari dinas, tapi perkiraan tambang salah besar di karenakan pihak Satpol PP langsung menindak kelakuan nakal pihak tambang tersebut.

Kasat Satpol PP Yudha Tri Wicaksono langsung bersama camat dan lurah turun langsung ke lokasi untuk menutup tambang galian C tersebut secara paksa.

Dalam penutupan tambang tersebut pihak Satpol PP langsung memberi papan tanda peringatan bahwa tambang tersebut di tutup dan tidak boleh ada aktivitas kerja apa pun, bukan itu saja malah pihak satpol pp juga menyita kunci alat berat tambang juga menyita aki alat berat tersebut sebagai efek jera agar tidak terulang kecurangan dari pihak tambang.

Menurut pengakuan Yudha selaku Kasat Satpol PP tambang tersebut  menyalahi aturan.

“Karena wilayah tersebut berada di kawasan lindung Danau Ranu, juga tambang tersebut hanya berjarak beberapa meter di bawah sutet aliran listrik yang mengalirkan aliran listrik nasional. Apa bila ada longsor maka akan akibatnya akan fatal sekali,” ujar Yudha, Sabtu, (13/1/2018).

Guna mempertanggungjawabkan apa yang dilakukannya selama ini, pihaknya akan memangil pemilik tambang untuk menghadap di kantor Satpol PP pada hari masuk dinas. Dan dia pun secara tegas akan memproses pelau penambang liar itu sesuai dengan prosedur hukum. (hnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here