Soharto Layak Mendapatkan Gelar Pahlawan

0
83
Presiden kedua RI HM. Soeharto (Ist)

JAKARTA (Garudanews.id) – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, PROF Mohammad Mahfud MD menegaskan, Presiden Ke-2 RI, Soeharto, layak dianugerahi gelar Pahlawan Nasional.

Terlepas Soeharto memiliki kelemahan dan juga kelebihan, sebagai orang yang telah menjadi Presiden Indonesia maka yang bersangkutan tetap layak dianugerahi gelar pahlawan.

“Menurut saya semua mantan Presiden RI, dengan segala kelebihan dan kekurangannya, layak mendapat gelar Pahlawan Nasional,” ujar Mahfud MD melalui akun twitternya, Sabtu (10/1) pagi ini.

Hari ini, 10 November 2018 adalah Hari Pahlawan.
Soeharto adalah salah satu tokoh Indonesia yang disebut-sebut pantas dianugerahi gelar pahlawan nasional, di samping Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Presiden ke-4 RI.

Tapi, sejauh ini pemerintah belum menjadikan Soeharto dan Gus Dur sebagai pahlawan karena masih terjadi pro dan kontra.

Mahmud MD mengatakan bahwa semua mantan Presiden RI layak dianugerahi gelar pahlawan karena ada pertanyaan dari netizen (warganet).

Akun Muchiddin, @Muchiddin2, bertanya kepada Mahfud MD, “Apakah mantan presiden suharto layak mendapatkan gelar tersebut prof..?”

Seperti dikabarkan tribunnews, Mahfud MD menjelaskan syarat-syarat seseorang bisa dianugerahi gelar pahlawan.

Paling tidak ada tiga  syarat yang harus dipenuhi sebelum seseorang dianugerahi gelar pahlawan, yaitu:

1. Pertahankan Kemerdekaan.

Seseorang yang bisa diberi gelar pahlawan adalah mereka yang antara lain pernah berjuang untuk meraih atau mempertahankan kemerdekaan.

Indonesia merdeka 17 Agustus 1945. Meraih kemerdekaan berarti dilakukan sebelum Proklamasi Kemerdekaan, sedangkan mempertahankan kemerdekaan dilakukan setelah Proklamasi Kemerdekaan.

2. Penemuan IPTEK.

Mereka yang memiliki jasa luar biasa, atau menemukan sesuatu yang luar biasa dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) juga bisa dianugerahi gelar pahlawan.

3. Bukan Pengkhianat

Kriteria ketiga terkait dengan sikap atau perilaku seseorang sebelum dianugerahi gelar pahlawan.

Mereka yang pernah berkhianat terhadap bangsa dan negara tidak berhak atau tidak bisa meraih gelar pahlawan. (Mhd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here