Survei Capres Pendatang Baru, Gatot Diunggulkan

0
262
Jenderal (Purn) TNI Gatot Nurmantyo. (Dok.net)

JAKARTA (Garudanews.id) – Memasuki tahun politik,  sejumlah lembaga survei telah merilis beberapa tokoh yang diunggulkan bakal maju dibPilpres 2019 mendatang.

Seperti dalam rilis yangvdisampaikan Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) hasil survei yang dilakukanya menunjukkan nama Gatot Nurmantyo paling diunggulkan sebagai cawapres di Pilpres 2019.

Menurut Direktur Lembaga Survei KedaiKOPI Vivi Zabkie, elektabilitas mantan Panglima TNI itu mencapai 17,5 persen.

“Lalu diikuti Agus Harimurti Yudhoyono (8,7 persen), Anies Baswedan (8,6 persen ), TGB Zainul Madji (6,2 persen) dan Abraham Samad (4,1 persen),” ujar Vivi di Jakarta, Sabtu (14/4).
Elektabilitas Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian kata Vivi, hanya 3,9 persen. Disusul Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar 1,7 persen dan mantan Menko Bidang Kemaritiman Rizal Ramli 1,1 persen.

“Saat publik diajukan pertanyaan terbuka bila pemilihan presiden dilakukan hari ini, siapa yang akan anda pilih sebagai wakil presiden? 4,6 persen menyebut nama Gatot Nurmantyo,” katanya.

Menurut Vivi, nama lain yang menempati top of mind publik sebagai calon wakil presiden adalah TGB Zainul Majdi (4,4 persen) dan Agus Harimurti Yudhoyono (4,3 persen).

“Ini adalah tiga nama teratas yang dipikirkan masyarakat sebagai calon walau sebagian besar masyarakat belum memutuskan soal calon wakil presiden (53,5%),” tutur Vivi.

Survei dilakukan terhadap 1.135 responden di 34 propinsi dengan margin of error lebih kurang 2,97 peraen pada interval kepercayaan 95 persen.

Responden adalah masyarakat mmum (calon pemilih berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah).

Responden dipilih dengan menggunakan metode multistage random sampling dan diwawancarai dengan tatap muka (home visit) (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here