Tanah Milik Pemkab Bogor Rawan Sengketa

0
264
Ilustrasi

BOGOR (Garudanews.id) – Sebanyak 3.120 bidang tanah dari 4.633 milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor rawan sengketa. Pasalnya jumlah 3.120 bidang tanah milik Pemkab Bogor belum bersertifikat alias bodong.

Seperti 1.721 bidang tanah yang merupakan asset SD dan SMP, tapi hanya 633 bidang saja yang telah bersertifikat. Jadi sisanya 1.088 bidang belum tertib administrasi.

”Sebetulnya kami setiap tahun selalu mengajukan program sertifikasi aset tapi jumlahnya sedikit karena kemampuan anggaran yang terbatas,” jelas Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor, Didi Kurnia kepada garudanews.id, Selasa (20/3).

Kata dia, untuk menghindari adanya gugatan dari ahli waris, Pemkab Bogor mengintruksikan kepada kepala desa mengeluarkan surat keterangan bahwa tanah itu telah di kuasai Negara.

“Dari situ perlahan kami bereskan administrasi,’’ katanya.

Didi mengakui, BPKAD mencatat dari 1.721 aset terdiri dari SD sebanyak 1.617 bidang dan yang bersertifikat baru 598 bidang. Sedangkan SMP dari 104 bidang yang bersertifikat baru 35 bidang.

“Jadi setiap tahun ada progress, makanya asalkan tidak banyak masalah gugatan, BPN pasti akan cepat menerbitkan sertifikatnya,” ucapnya. (ded).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here