Tanggul Sungai Desa Cangkreng Jebol, Warga Harapkan Perhatian Pemkab

0
512
Tanggul sungai Desa Cangkreng yang jebol. (Foto: Hartono/Hnn)

SUMENEP (Garudanews.id) – Tingginya intensitas curah hujan diwilayah Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep Jawa Timur selama tiga hari ini, mengakibatkan tanggul sungai Desa Cangkreng menjadi jebol.

Hal tersebut dikeluhkan oleh seluruh Warga Desa Cangkreng. Pasalnya, dengan jebolnya tanggul tersebut mengakibatkan rumah dan lahan pertanian warga terendam banjir.

JH seorang Warga Desa Cangkreng menuturkan ihwal jebolnya dinding sungai (tanggul kali) Saroka yang berada di Desanya, juga berdampak buruk ke desa lain, seperti Desa Nambakor Kecamatan Saronggi  dan Desa Patean Kecamatan Bantuan Kabupaten Sumenep.

“Lantaran jebol dinding sungai/kali Saroka, juga berdampak buruk ke Desa lainnya, seperti Desa Nambakor (Kec Saronggi) dan Desa Patean (Kec Bantuan), Kabupaten Sumenep,” tuturnya pada Awak Media Senin  (13/3).

Menurut JH, banjir kali ini merupakan yang terbesar dari tahun-tahun sebelumnya.

“Banjir kali ini nih yang paling besar. Lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya,” kata dia.

Berdasarkan pantauan Awak Media, akibat hujan yang terlalu lama, berakibat banjir membuat warga panik bakan kelimpungan. Genangan banjir telah merendam puluhan rumah dan puluhan hektare sawah.

Warga Cangkreng sangat berharap Pemerintah Kabupaten Sumenep bisa memperhatikan secara serius, terhadap kondisi Warga dan juga tanggul yang jebol.

Jika ini dibiarkan tanpa ada penanganan serius dari pihak terkait, kedepan banjir akan terjadi lagi dan akan bertambah parah. (Har/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here