Teknologi Digital Bandara Menambah Kenyamanan Penumpang

0
379
Ilustrasi.

JAKARTA (Garudanews.id)- Penerapan teknologi digital di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) sangat membantu terhadap alur dan mengontrol bagasi penumpang sehingga menambah kenyamanan penumpang.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awalludin mencontohkan saat ini perseroan sudah membuat jadwal tiba bagasi penumpang.

“Iya bagasi sekarang kita buat waktu kedatangannya, diinfokan di counter mana, sudah dipindahkan dari pesawat atau belum kita tuliskan waktunya, kemudian kita juga tambahkan CCTV untuk melihat area pemindahan dari pesawat ke dalam terminal, ini untuk mengawasi apakah barang bawaan penumpang diperlakukan dengan baik atau tidak,” kata Awalludin di acara seminar Kebangkitan Digital Bandara, di Kantor Angkasa Pura II, Cengkareng (20/5)

Dia mengatakan hal-hal ini akan terus digencarkan oleh pihak AP II. Bertujuan untuk membuka informasi kepada publik.

“Hal-hal seperti ini yang akan kita dorong, sebenarnya berapa lama dan apa yang sedang terjadi, kadang publik kan bertanya-tanya,” jelas dia.

Awalludin menjelaskan, konsep digitalisasi dan terbukanya informasi ini terinspirasi dari sejumlah bandara terbaik di dunia. Seperti Bandara Changi di Singapura, Frankfurt dan Munich di Jerman serta Hong Kong.

“Kami tidak benar-benar mengadopsi satu bandara saja, tapi yang baik-baiknya kita ambil,” imbuh dia.

AP II saat ini sedang mengembangkan konsep bandara digital. Ini dilakukan untuk mempercepat dan meningkatkan kualitas layanan terhadap penumpang.

(Chep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here