Telah Berkisar 3000an Orang Pengidap HIV di Kota Bekasi?

0
376

Kota Bekasi, Garudanews – Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kota Bekasi, telah berkisar 3000an orang di Kota Bekasi yang mengidap penyakit B20 atau biasanya dikenal dengan sebutan HIV (Human immunodeficiency virus), per tahun 2017.

Ketika dikonfirmasi (30/1), Karmen – Kepala Bidang PMK, menjelaskan mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi – Kusnanto Saidi, mengatakan bahwa sejauh ini pihaknya sudah melakukan langkah serius dalam menangani persoalan terkait HIV.

“Pada dasarnya untuk kasus-kasus HIV sudah kita tangani secara serius dan mendalam, berkoordinasi dengan lintas sektoral seperti LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) dan Rumah sakit untuk mengantisipasi penyebarannya, serta penanganan pasien yang sudah jelas terpapar,” ujar Karmen.

“Kasus HIV seperti fenomena gunung es, semakin kita gali semakin besar,” tandasnya.

Ayu Rahayu, selaku staf ahli pada Dinas Kesehatan Kota Bekasi, yang secara khusus mengurus program terkait HIV, menjelaskan bahwa selama ini pihaknya sudah rutin menganggarkan setiap tahun perihal itu, serta sudah menempuh langkah seperti pencegahan dan pengembangan layanan penanganan terkait penyakit HIV di Kota Bekasi.

“Dalam penganggaran tahunan, kami memang menganggarkan secara khusus terkait HIV,” tutur Ayu (30/1).

“Langkah yang sudah ditempuh oleh Pemkot Bekasi melalui Dinkes, diantaranya pencegahan dan pengembangan layanan. Sekarang berjumlah 24 titik layanan (Test dan konseling), 3 diantaranya melayani pengobatan, seperti RSUD Kota Bekasi, yang tadinya hanya ada 3 layanan saja,” lanjut Ayu.

Senada dengan itu, Dadang yang juga merupakan Staf Ahli HIV di Dinkes, ikut menjelaskan, “Kalau kita (Dinkes) tidak memperbolehkan adanya diskriminasi (Terhadapa pasien B20/HIV) dalam penanganan pelayanan,” pungkas Dadang (30/1).

“Sampai saat ini, menurut data dari RSUD, mereka sudah menangani pasien sebannyak 800an orang. Mereka (RSUD) adalah salah satu rujukan utama di Kota Bekasi,” lanjut Dadang.

“Seharusnya tidak ada perbedaan pelayanan,” tegas mereka sepakat.

Keseluruhan penderita HIV yang sudah minum obat ada 1015 orang, dari total keseluruhan 3000an orang penderita yang terdata di Dinkes Kota Bekasi.

(Mich-L)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here