Tempat Wisata Kumuh, Dinas Saling Lempar Tanggung Jawab

0
268
Foto: Ilustrasi

SUKABUMI(Garudanews.id) – Dinas Pariwisata dan Dinas Perumahan Pemukiman dan Kebersihan (Perkimsih) Kabupaten Sukabumi saling lempar tanggung jawab, terkait  kebersihan di tempat wisata Sukabumi.

“Adapun soal kebersihan di lokasi wisata itu seharusnya dilakukan oleh Dinas Perkimsih, bukan oleh kami,” jelas Kadis Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Dana Budiman saat dihubungi garudanews.id, Jum’at (5/1).

Kata Budiman, terkait dana retribusi yang ditarik, bahwa seluruh uang yang ditarik dari wisatawan dipastikan masuk ke kas daerah. Dan dia mengaku, dari uang tersebut ada alokasi anggaran untuk kebersihan di lingkungan wisata.

“Hanya, secara dinas teknisnya adalah Perkimsih. Sebetulnya, kebersihan itu bukan tanggung jawab pemerintah saja, melainkan semua pihak termasuk pedagang dan warga sekitar. Kami akui, dari retribusi yang ditarik ada anggaran untuk kebersihan tapi sekali lagi kami tegaskan, itu bukan tanggung jawab kami,” terangnya.

Terpisah, Kabid Kebersihan Perkimsih Kabupaten Sukabumi, Denis Eriska membantah bahwa sampah yang ada di tempat wisata bukan tanggungjawabnya.

“Sampah yang ada di lokasi wisata itu bukan tanggung jawab kami, melainkan Dinas Pariwisata,” ucap Denis.

Soal tanggung jawab, Denis menyebutkan pihaknya hanya bertanggung jawab pada sampah yang sudah ada di Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS). Dan artinya, bila sampah yang bercecer di tempat wisata, adalah tanggung jawab  dinas yang bersangkutan bukan Perkimsih.

“Memang ada alokasi anggaran untuk kebersihan, tapi untuk kami bukan di tempat wisata, melainkan di tempat yang sampahnya sudah ada di TPSS,” pungkasnya. (ded).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here