Tenaga Guru Honorer Berpeluang Diangkat Sebagai CPNS

0
443
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof Dr Muhadjir Effendi. (Ist)

JAKARTA (Garudanews,id) – Menteri Pendidikan dan Kebudayan Muhadjir Effendy mengungkapkan, pemerintah membuka peluang para guru honorer untuk diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN), baik sebagai CPNS atau PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja). Hal tersebut dikatakannya saat membahas rapat bersama Wapres Jusuf Kalla Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani soal peluang guru honorer diangkat menjadi CPNS, Senin (2/4).

Sementara itu Puan Maharani mengatakan perlunya penambahan guru di tanah air. ”Jangan sampai sekolah-sekolah kita kekurangan guru,” kata Puan. Menurutnya, pemerintah sepakat untuk mengkaji jumlah pasti kebutuhan guru, penempatannya nanti, dan spesialisasi guru sesuai dengan mata pelajarannya.

Selain itu, dalam pembahasan untuk menambah PNS dari sektor keguruan, juga sepakat mengkaji aturan hukum jam kerja guru. Hal itu terkait dengan berapa lama mereka berada di sekolah dan bertatap muka dengan murid di sekolah.

”Yang paling penting adalah jangan sampai ada sekolah yang mengaku kekurangan guru karena itu dapat berarti menghambat upaya kita bersama mencerdaskan generasi muda bangsa. Jika sudah pasti berapa kebutuhannya, proses rekrutmen guru dan tata kelolanya dapat dijalankan secara bertahap mulai tahun 2018 ini hingga nanti tahun 2024,” tuturnya.

Sementara itu untuk guru honorer, pemerintah tengah mengkaji jumlah pasti guru honorer.

”Agar rasio yang sudah baik ini terus seimbang,” kata Puan. Selain Puan Maharani, hadir juga, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here