Wakil Bupati Lantik Imum Chik Mesjid Baiturrahim Lhoksukon

0
100
Wakil Bupati saat membacakan surat keputusan.

ACEH UTARA (Garudanews.id) – Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib melalui Wabup Fauzi Yusuf melantik Tgk Jamaluddin Ismail sebagai Imum Chik Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon untuk periode 2018-2023, Senin (11/2).

Pelantikan ini sebagaimana tertuang dalam Keputusan Bupati Aceh Utara Nomor 451.2/402/2018 tentang penetapan Imuem Chik Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon tahun periode 2018-2023 yang dibacakan oleh Staf Dinas Syari’at Islam Aceh Utara.

Keputusan ini juga untuk melaksanakan ketentuan Pasal 30 Peraturan Bupati Aceh Utara Nomor 58 tahun 2017 tentang Badan Kesejahteraan Masjid di Kabupaten Aceh Utara. Maka, perlu menetapkan Imum Chik Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon periode 2018-2023.

Imum Chik Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon sebagaimana dimaksud pada diktum kesatu dalam Surat Keputusan itu mempunyai tugas di antaranya melakukan usaha-usaha untuk memakmurkan masjid sebagai pusat kegiatan peribadatan, membantu penyelenggara hari-hari besar Islam, melakukan pembinaan terhadap Remaja Masjid.

Kemudian, mengajak dan menghimpun ummat untuk berbuat baik dan meninggalkan yang tidak baik (amar makruf nahi mungkar) dan melakukan kegiatan lain yang berhubungan dengan agama Islam.

Bupati Aceh Utara dalam sambutan yang dibacakan Wabup Fauzi Yusuf mengatakan pihaknya yakin dengan adanya seorang Imum Chik yang baru saja dilantik maka eksistensi masjid ini akan lebih mantap di tengah-tengah kehidupan umat.

“Imum adalah seorang yang memiliki kemampuan memimpin shalat, berkhutbah dan membina umat atau masyarakat yang berada dalam lingkungan. Peran dan fungsi Imum dalam Masjid sangatlah penting,” kata Fauzi Yusuf membacakan sambutan Bupati.

Imum, bukan saja sekedar memimpin shalat berjama’ah, akan tetapi lebih luas dari itu meliputi memakmurkan Masjid, menjaga umat kepada amar makruf nahi mungkar, pembinaan jama’ah, pemersatu umat, menghidupkan semangat musyawarah, pembenteng aqidah umat, menjadi uswah bagi jama’ah, menjadi rujukan dalam masalah keislaman dan pembangun solidaritas jama’ah.

Dalam hal ini Bupati Cek Mad berharap agar masjid dimanfaatkan tidak hanya sebagai sarana ibadah, namun juga dapat dijadikan sarana pendidikan, baik yang berbasis agama maupun pendidikan dasar.

“Hal ini sangatlah penting untuk menciptakan generasi kita di masa yang akan datang untuk menjadi generasi yang islami sesuai dengan tuntutan Rasulullah SAW. Saya menyampaikan apresiasi dan selamat atas pelantikan dan pengukuhan Imum Chik Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon,” tandasnya. (Syahrul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here