Warga Kota Bekasi Deklarasikan Anti Hoax

0
222

KOTA BEKASI (Garudanews.id) –  Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bekasi, Rayendra Sukarmadji, bersama Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Indarto, Dandim 0507 Kota Bekasi, Wawan Kusnendar, dan warga Kota Bekasi mendeklarasikan gerakan anti hoax atau berita bohong sebagai bagian dari menjaga keharmonisan ditengah masyarakat, Minggu (11/3) kemarin.

Kegiatan yang diselenggarakan bertepatan pada momen Car Free Day (CFD) di Jalan A. Yani, Kota Bekasi, diharapkan bisa menjadi salah satu bentuk kepedulian bersama memberantas kebencian yang disebar melalui berita bohong, fitnah serta hasut dan mempererat kebersamaan dalam wadah NKRI.

Plh Wali Kota Bekasi, Rayendra Sukarmadji, menuturkan kegiatan deklarasi ini sebagai momentum untuk mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan diantara warga Kota Bekasi sekaligus meredam konflik yang bertujuan untuk memecah belah persatuan di kalangan warga Kota Bekasi.

“Kami berharap jangan lagsung share berita yang dinilai tidak berbobot dan mengarah kepada isu perpecahan dan perlu dilihat kebenarannya,” kata pria yang akrab disapa Roy ini.

Sementara itu, Kadiskominfostandi Kota Bekasi, Titi Masrifahati, mengatakan pihaknya menggelar deklarasi anti hoax dan mengajak seluruh warga berperan aktif memanfaatkan teknologi informasi lebih ke arah positif dan bukan sebaliknya.

“Kami menegaskan komitmen dan kepedulian warga Kota Bekasi untuk menjaga kotanya melalui pemanfaatan IT sebaik mungkin,” kata Titi.

Salah satu peserta deklarasi anti hoax yang berasal dari Komunitas Bojong Menteng Gowes (Bomenggo), Nanda, mengapresiasi kegiatan tersebut.

Menurut dia, melalui deklarasi ini bukan hanya mengajak warga Kota Bekasi untuk melawan berita hoax, fitnah dan sebagainya, melainkan juga memberikan unsur edukasi kepada warga untuk memanfaatkan berbagai macam konten media sosial sebaik mungkin.

“Jangan termakan berita hoax yang berisi berita bohong dan ujaran kebencian. Kita ingin kota Bekasi selalu aman dan damai,” kata Nanda.

Pada acara ini juga diperkenalkan aplikasi verifikasi informasi untuk smartphone android yaitu, Hoax Buster Tools yang bisa di download secara gratis dari playstore dan bisa digunakan untuk mencari tahu berita itu benar atau bohong ataupun mencari berita yang bebas dari hoax. (Gir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here