Yakinkan Palestina Aman, Satriani Wisata Pelopori Halal Tour ke Masjidil Aqso

0
281
Kedua dari kiri, H Edy Hamdi Syathiri Ahmad, Direktur Utama Satriani Wisata. (foto: Adji)

JAKARTA (Garudanews.id) – Sebagai negeri yang berpenduduk islam terbesar di dunia, Indonesia dinilai negara yang sangat potensial dalam perkembangan wisata religi, kuhusnya untuk daerah tujuan timur tengah.

Namun sayang, tujuan wisata yang dilakukan oleh sebahagian umat islam hanya terfokus kepada dua tempat yaitu Mekkah dan Madinah. Padahal masih ada tujuan wisata religi lainnya yang sesuai sunatulloh yakni Masjidil Haram di Mekkah, Masjid Al-Aqsha di Palestina dan Masjid Nabawi di Kota Madinah.

Maklum saja, jika mendengar nama Palestina, umat Islam di Tanah Air selalu beranggapan bahwa negara tersebut selalu mengkonotasikan sedang berkecamuk konflik yang tak berkesudahan dengan Israel. Lantaran stigma tersebut, umat muslim di Indonesia tidak ada yang berwisata religi ke negeri para nabi itu.

Padahal di Palestina juga terdapat salah satu masjid peninggalan dari Nabi Muhammad SAW yakni Masjidil Aqso yang juga harus dimakmurkan selain Masjidil Haram di Mekkah dan Masjidil Nabawi di Madinah.

“Selama ini umat Islam di Indonesia selalu berfikiran di Palestina tidak aman, karena konflik dengan Israel. Jadi umat Islam di Indonesia ketakutan untuk bepergian ke sana. Padahal Masjidil Aqso di Palestina juga salah satu peninggalan Rasullah SAW yang harus dimakmurkan selain Masjidil Haram dan Masjidil Nabawi,” kata H Edy Hamdi Syathiri Ahmad, Direktur Utama Satriani Wisata, ketika ditemui wartawan di kantornya, kawasan Cakung, Jakarta Timur, kemarin.

Untuk itu, Edy mengatakan, melalui Satriani Wisata, ia ingin merubah stigma tersebut, bahwa Palestina aman untuk dikunjungi oleh umat Islam di Tanah Air. “Saya ingin merubah stigma tersebut, bahwa Palestina aman untuk dikunjungi bahkan untuk beribadah di Masjidil Aqso,” kata Edy.

Edy mengnatakan, sejak tahun 1974, dirinya telah memberangkatkan jamaah untuk berwisata ke Palestina tak hanya itu, Satriani Wisata adalah pelopor perjalanan wisata ke Palestina.

“Jadi di saat travel agent menawarkan umrah dan Haji ke Mekkah, kami menawarkan ke Palestina dan Masjidil Aqso. Saat itu, hampir semua travel agen tidak ada yang berani untuk menawarkan perjalanan ke Palestina,” jelas Edy.

Selain mengedukasi ke umat Islam di Tanah Air, Edy juga mengedukasi ke 48 travel agent yang tergabung dalam Forum Travel Partner Indonesia (FTPI) Palestina aman untuk dikunjungi.

“Saya juga pernah membawa perwakilan dari 48 travel agent di Tanah Air untuk berkunjung ke Masjidil Aqso. Setelah mereka saya ajak berkunjung, akhirnya pikiran mereka terbuka kalau Palestina Aman. Mereka pun akhirnya menawarkan perjalana wisata ke Palestina dalam program mereka,” kata Edy yang juga ketua dari FTPI tersebut.

Ketika disinggung apakah Satriani Wisata tidak merasa tersaingi jika 48 travel agent tersebut juga membuka perjalanan wisata ke Palestina? Edy mengaku tidak.

“Karena kalau kita berbicara wisata reliji ke Palestina adalah dakwah bukan semata-mata bisnis. Yang ada dipikiran saya adalah untuk memakmurkan Masjidil Aqso dan warga Palestina. Saya juga tidak pernah menganggap travel agent lain sebagai kompetitor tetap sebagai partner yang harus bersinergi,” ucap Edy.

Hingga saat ini, melalui Satriani Wisata, sejumlah selebriti Tanah Air pernah ikut melakukan wsiata reliji ke Palestina, salah satunya adalah komedian Didin dari Bagito.
Ketika dikonfirmasi, Didin mengakui bahwa Palestina aman untuk dikunjungi bahkan dirinya kangen ingin berkunjung lagi ke Masjidil Aqso.

“Jangan takut ke Palestina, disana aman, warga muslim, Nasrani dan yahudi hidup rukun berdampingan. Kini saatnya umat muslim di Indonesia juga memakmurkan salah satu masjid peninggalan Nabi Muhammad SAW. Jika kita tidak bisa memerdekan Warga Palestina, setidaknya kita memakmurkan warga Palestina,” ucap Didin. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here