Dana CSR Perusahaan Di Kabupaten Bogor Tidak Jelas.

46

Bogor (Garudanews.Id)-Ternyata belum banyak warga yang tau bagaimana dan dimana Corporate Social Responbilty Atau biasa di sebut CSR itu mengalir. Hal tersebut nampak dari pandangan peserta yang hadir dalam diskusi warga dengan Bappeda Kabupaten Bogor kemarin, Kamis,5/01 di Cibinong.

” Kami tidak tahu batasan-batasan Perusahaan yang wajib mengeluarkan CSR, bahkan bagaimana dan kemana uang CSR itu mengalir tidak nampak sekali dimata kami” ujar salah Kholik, satu peserta diskusi.

Tidak adanya keterbukaan dalam mengelola dana CSR dikhawatirkan menjadi permainan pihak perusahaan dengan

Kepala Bappeda Kabupaten Bogor, Saripah saat diskusi tentang tatakelola Dana CSR dengan Aktifis.5/01
Kepala Bappeda Kabupaten Bogor, Saripah saat diskusi tentang tatakelola Dana CSR dengan Aktifis.5/01

oknum – oknum Desa, Kecamatan dan pemda.

Menjawab keluhan peserta, Kepala Bappeda menyampaikan rencana penguatan CSR dalam peran serta pembangunan Kabupaten Bogor. ” kami sudah membuat aplikasi yang memudahkan masyarakat untuk mengakses dan mengetahui realisasi penggunaan dana CSR oleh sebuah perusahaan” ujar Saripah. Warga bisa mengakses Csrbogokab.net untuk mengetahui kegiatan – kegiatan yang menggunakan dana CSR.

Selama ini pola yang dipakai dalam pengelolaan dana CSR dengan menggunakan 2 mekanisme. ” yaitu Mekanisme Mandiri dan kemitraan. Artinya kalau Mandiri, perusahaan tersebut menggunakan dana CSR atas kebijakan perusahan itu sendiri, sementara , Pola Kemitraan, perusahaan menggunakan dan CSR dengan melibatkan Organisasi Masyarakat, Pemerintah Desa atau pihak lainya. Termasuk Pemkab” papar Saripah .

Saripah mengakui, selama ini Pemkab Bogor masih lemah dalam mengelola potensi dana CSR.

Dilain sisi, Atik, salah satu aktifis perempuan yang hadir mengatakan, bahwa Pemkab Bogor dipandang masih lemah dalam mengawasi dana CSR Perusahaan.

” Pemkab Bogor masih seperti Macan Ompong dalam menghadapi Perusahaan terkait dana CSR. Mestinya Pemkab bisa lebih tegas lagi. Sehingga dana tersebut benar-benar bermanfaat bagi warga dan lingkungan Kabupaten Bogor” ujarnya. Cj

Anda mungkin juga berminat