Fenomena Golek Merah Di Bogor

77

Bogor (Garudanes.id)– Wayang golek selalu identik dengan tokoh si cepot. Sosok cepot dalam pewayangan selalu di nanti oleh para penonton. Karena karakternya jenaka serta acapkali nyeleneh. Namun si cepot juga kerap menjadi pahlawan yang membela kepentingan rakyat. Lalu bagaimana dengan Golek Merah?

Golongan Ekonomi Merana dan Lemah (Golek Merah) ialah komunitas yang menggagas ekonomi berbasis kerakayatan. Dengan semangat kekeluargaan, komunitas jejaring ini pun rencananya membuka warung di 40 kecamatan se- Kabupaten Bogor.

“Kami akan louncing tanggal 17 Januari ini.  Lokasinya di warung golek merah Kansas Pamijahan,”jela H. Lulu Azhari Luki, penggagas Golek Merah, kemarin.

Menurut pria yang akrab disapa Kijalu itu menambahkan, gagasan di buat warung Golek Merah lebih kepada aspek kondisi ekonomi saat ini.

“Insya Allah warung golek merah akan ada di tiap wilayah. Untuk saat ini kami coba buat pilot projek dulu,”ujarnya.

Dalam pengelolaan. Pihaknya akan bekerjasama dengan masyarakat. Bahkan aktivis pun diikut sertakan dalam pengelolaan warung ini.

“Yang terpenting bagaimana kita mengamankan perut dulu. Nah solusi saat ini dengan warung golek merah,”imbuhnya.

Ketika disinggung jejaring Golek Merah akan dijadikan alat politik untuk penguatan menuju Pilkada 2018. Kijalu pun membantah.

“Kalau itu bicaranya nanti karena masih jauh. Sekarang kita berbuat saja dulu,”pungkasnya.(Nyoto)

Anda mungkin juga berminat