Negara-Negara Muslim Perkirakan Awal Ramadhan Sabtu Besok

82

RIYADH (Garudanews.id)–  Negeri-negeri Muslim mempemperkirakan awal Ramadhan 1438 / 2017 akan dimulai pada Sabtu (27/5).

Arab Saudi mengutip pejabat agama mengatakan bahwa bulan baru Ramadan diperkirakan akan terlihat pada hari Jumat malam. Demikian menurut sumber daari Aljazeera.

Aljazair, Mesir, Yordania, dan negara-negara Arab lainnya akan melihat bulan pada hari Jumat malam.

Bangladesh yang berpenduduk mayoritas Muslim, Pakistan, Malaysia dan Indonesia juga akan melihat bulan pada hari Jumat sore.

Uni Emirat Arab (UEA), Qatar dan negara-negara Teluk Arab lainnya juga memperkirakan Sabtu sebagai hari pertama Ramadhan.

Di negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim, perkantoran diminta untuk mengurangi jam kerja, dan banyak restoran tutup pada siang hari di bulan Ramadhan.

“Marhaban Ramadhan”, “Ramadhan Mubarak” dan “Ramadhan Kareem” adalah salam umum yang banyak disampaikan dalam kesempatan ini, berharap semoga dengan datangnya Ramadhan mendatangkan keberkahan.

Sementara itu kalangan astronomi menunjukkan bahwa bulan sabit akan terlihat dengan jelas, baik dengan mata telanjang atau dengan teleskop dari seluruh dunia pada hari Jumat malam.

Pada Mei 2016, negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI), pada Kongres Persatuan Hijriah Internasional yang diadakan di Istanbul, telah menyetujui perlunya satu kalender Hijriyah terpadu.

Jama’ah Muslimin (Hizbullah), wadah kesatuan umat Islam berpusat di Indonesia, juga telah menyampaikan usulannya tentang perlu adanya satu kalender Hijriyah bagi negeri-negeri Muslim. Terutama akan sangat diperlukan pada setiap penentuan awal Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha.

Dewan Hisab dan Rukyat (DHR) Jama’ah Muslimin (Hizbullah) akan melakukan rukyatul hilal (melihat awal bulan Ramadhan) di setiap tempat seluruh Indonesia pada Jumat sore (26/5) nanti.

DHR menyatakan, berdasarkan Hisab Tariqat Syaekh Ibnu Syathir Addimasyqiy dan dengan kriteria imkanur rukyatul hilal alamiy, menunjukkan, awal bulan Ramadhan 1438 H diperkirakan akan jatuh pada hari Sabtu 27 Mei 2017 M. (Mna/Red)

Anda mungkin juga berminat