Gagal Masuk SMP Negeri, Kadisdik Sebut Jamin Pembiayaan di SMP Swasta

105

KOTA BEKASI, (Garudanews.id) – Ribuan pendaftar peserta didik baru jenjang SMP, yang tidak lulus pada bursa persaingan disekolah negeri, dapat mendaftar kesekolah swasta dengan biaya dijamin oleh Pemerintah Kota Bekasi, melalui Dinas Pendidikan setempat.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Ali Fauzi, saat memberi keterangan pers diruang konfrensi pers Humas Pemkot Bekasi, senin (10/7) sore.

“Dinas Pendidikan sesuai program yang ada… Maka mereka (calon didik baru yang tidak diterima di SMP Negeri, red) uang sekolah dan masuknya dijamin oleh Dinas Pendidikan. Dengan catatan mendapat rekomendasi secara tertulis dari Dinas Pendidikan. Itulah tugas kita untuk mencarikan solusi bagi mereka yang tidak diterima pada sekolah negeri, karena keterbatasan tempat,” terang Ali ketika itu.

Berdasarkan rilis Dinas Pendidikan Kota Bekasi, jumlah pendaftar peserta didik online jenjang SMP diwilayah Kota Bekasi sebanyak 24.303 siswa dengan jumlah lulusan jenjang SD sebanyak 42.988 siswa, dengan melalui proses PPDB online 2017 semua jalur diwilayah Kota Bekasi yang diterima sebanyak 15.304 dengan daya tampung 15.360 sehingga terdapat kekosongan bangku di SMP Negeri 1 Kota Bekasi sebanyak 56 siswa.

“Jadi 57 persen yang daftar melalui PPDBonline, yang diterima sekitar 63,5 persen (dan) yang tidak diterima itu sebanyak 37,5 persen,” katanya.

Dengan kata lain hampir berkisar 9000 siswa yang harus diakomodir disekolah swasta, didalamnya juga harus dijamin pembiayaannya oleh Pemkot Bekasi, berdasarkan pernyataan Kepala daerah melalui Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi.

“Mau tidak mau kita harus biayai mereka yang ada diluar sekolah negeri. Tolong sampaikan kepada masyarakat…,” tandasnya.

Menurut Ali, rencananya, segera pihak Disdik Kota Bekasi akan membuat surat edaran perihal solusi yang dimaksud, ditujukan kepada sekolah-sekolah swasta yang ada di Kota Bekasi.
(Red)

Anda mungkin juga berminat