Ribuan Koprasi di Jateng Terancam Bubar

146

SEMARANG, (Garudanews.id) – Seribuan lebih koperasi di Jawa Tengah terancam dibubarkan. Ironis, kabar tersebut bersamaan dengan pelaksanaan Hari Koperasi ke-70.

Adapun dari 28 ribuan koperasi di Jawa Tengah, sekira 3.760 koperasi masuk daftar terancam dibubarkan. Seluruh koperasi yang terancam dibubarkan itu, rata-rata bergerak di bidang koperasi simpan pinjam (KSP). Demikian disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah Ema Rachmawati.

“Yang masuk daftar dibubarkan Kementerian Koperasi ada 3.760 unit. Kemungkinan, surat pembubarannya akan diumumkan dan dilakukan pada Juli-Agustus tahun ini,” kata Ema. Demikian seperti diberitakan suaramerdeka, Minggu, (9/7).

Pembubaran koperasi itu terjadi karena beberapa faktor. Salah satu faktornya adalah kepengurusan yang tidak jelas dan alamat tidak jelas. Bahkan, ada koperasi yang ketika dicek ke lokasi ternyata tidak ada kegiatan rapat anggota tahunan (RAT).

Meski begitu, tercatat 640 koperasi di bawah naungan Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah masih menjalankan fungsinya dengan baik dan dalam kondisi sehat.

Menurutnya, sudah saatnya koperasi kembali ke jatidirinya yang menjalankan perekonomian berazaskan kekeluargaan. (red)

Anda mungkin juga berminat