Kesenjangan Sosial di Lokasi Pembanguna Infrastruktur Bisa Jadi Bom Waktu

117

JAKARTA (Garudanews.id) -Masifnya pembangunan infrastruktur di daerah harus dibarengi dengan pembangunan manusia. Kesenjangan sosial dan kemiskinan di lokasi pembanguna infrastruktur bisa jadi bom waktu bila tidak segera diatasi.

Anggota Komisi VIII DPR RI Maman Imanulhaq menegaskan hal tersebut saat mengikuti rapat kerja dengan Menteri Sosial Khofifah Indarparawansa di DPR, Selasa (17/10). “Kita tahu tiga tahun pemerintahan Jokowi-JK mengalami pembangunan infrastruktur yang sangat pesat. Ini harus diimbangi oleh pembangunan manusia. Dan ini domain Kemensos. Di sini letak strategisnya. Kalau tidak dibanrengi pembangunan manusianya, maka infrastruktur dengan segala dampak dan efeknya bisa jadi bom waktu.”

Maman berharap, Kemensos memiliki data lengkap kesenjangan yang terjadi di lokasi pembangunan infrastruktur. Data itu, misalnya, menyangkut kantong kemiskinan, kelaparan, akses kesehatan, angka kematian ibu dan bayi, serta layanan dasar lainnya. Data tersebut penting untuk memajukan masyarakat setempat, sehingga bisa sejahtera seiring kemajuan infrastrukturnya. Masyarakat setempat pun bisa menikmati pembangunan di wilayahnya.

Anggota F-PKB ini menyerukan Kemensos agar mempertahankan perlindungan sosial dan penciptaan lapangan pekerjaaan pada setiap program yang digulirkan. Jadi, tidak saja masyarakat miskin yang terbantu, para pencari kerja pun bisa lebih mudah mengakses pekerjaan yang sesuai. “Tidak saja fokus pada masyarakat miskin, tapi lebih dari itu ada lapangan kerja yang tercipta. Ini harapan besar agar keberhasilan di bidang infrstruktur dibarengi dengan pembangunan manusia,” tutup Maman. (Prl/Red)

Anda mungkin juga berminat