Pemkab Bogor Terapkan Pembuatan Akte “One Day Service”

134

BOGOR (Garudanews.id) – Pemerintah Kabupaten Bogor terus berupaya meningkatkan pelayanan pembuatan akte bagi warga masyarakat. Hal itu sebagai respon imbauan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, agar pelayanan akte kelahiran diberikan secara gratis dan cepat dalam pelayanannya.

Untuk itu, salah satu Pemerintahan Desa di  Kabupaten Bogor yang menjadi pusat percontohan program tersebut, yakni Desa Citeko telah menerbitkan 1200 akte yang diproses dalam satu dan diberikan secara gratis dari 1900 orang yang ditargetkan.

Kepala Desa Citeko, M.Ridwan mengatakan bahwa program pelayanan pembuatan akte yang diberikan secara gratis dan proses cepat, merupakan bagian pelayanan pemerintahan desa (Pemdes) dalam mendukung program pemerintahan pusat.

“Desa Citeko kebetulan pada saat ini telah dijadikan sebagai desa untuk percontohan dalam program one day service. Yang mana program tersebut, adalah program langsung dari Dinas kependudukan dan catatan sipil ( Disdukcapil ) Kabupaten Bogor,” terang M.Ridwan kepada garudanews.id, Selasa, (24/10).

Ditempat terpisah, Neng, salah satu warga Citeko, saat diwawancarai garudanews,  mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi program yang digulirkan oleh Pemkab tersebut.

“Kami tentunya sangat senang dan amat terbantu dengan adanya program pelayanan satu hari ( one day service). Sehingga kami tidak perlu lagi lama-lama mengurus akte anak dan repot-repot mengantri di dinas,” ucap Neng.

Sementara itu M.Ridwan, ketika ditanya soal adanya pungutan yang fantastis dalam pengurusan pembuatan akte kelahiran ia membantahnya.

“iIu tidak benar kang. Apalagi memungut sampai sebesar Rp180 ribu. Yang ada  uang denda hanya sebesar 10 ribu rupiah saja,” jelasnya mengakhiri.   ( A.Muchlis ).

Anda mungkin juga berminat