Seorang Pria Tembaki Gereja, 20 Orang Dinyatakan Tewas

100

SUTHERLAND SPRINGS (Garudanews.id) – Seorang pria bersenjata memasuki sebuah gereja kecil di tenggara Texas dan melepaskan tembakan, menewaskan sedikitnya 20 pemuja dan melukai banyak lainnya dalam serentetan penembakan massal yang melanda Amerika Serikat, demikian seperti laporan pihak berwenang, Minggu, (5/11).

Penembakan tersebut terjadi di First Baptist Church di Sutherland Springs di Wilson County, sekitar 40 mil (65 km) timur San Antonio. Tersangka melarikan diri dari tempat kejadian di sebuah kendaraan namun terbunuh sekitar 12 mil jauhnya di negara tetangga Guadalupe, menurut media lokal dan Sersan Robert Murphy, seorang juru bicara Kantor Sheriff Guadalupe County mengatakan.

Baik identitas tersangka maupun motif yang mungkin diungkapkan oleh pihak berwenang.

Seperti yang dikabarkan CNN, Sheriff Wilson County Joe Tackitt mengatakan bahwa setidaknya 20 orang terbunuh. Letnan Gubernur Texas Dan Patrick mengatakan kepada Fox News bahwa setidaknya 25 orang tewas dan 30 lainnya cedera.

Puteri gembala Frank Pomeroy yang berusia 14 tahun terbunuh, keluarga tersebut mengatakan kepada beberapa stasiun televisi.

Pembantaian tersebut terjadi beberapa minggu setelah seorang penembak jitu membunuh 58 orang di sebuah konser outdoor di Las Vegas, pemotretan paling mematikan dalam sejarah AS modern. Penembakan tersebut telah memicu perdebatan nasional selama bertahun-tahun mengenai apakah akses mudah ke senjata api berkontribusi terhadap tren tersebut.

Presiden Donald Trump mengatakan bahwa dia memantau situasi tersebut saat berada di Jepang dalam perjalanan Asia 12 hari.

“Semoga Tuhan bersama orang-orang Sutherland Springs, Texas. FBI & penegak hukum ada di tempat kejadian, “katanya di Twitter.

Menurut para saksi, sekitar 20 tembakan terdengar sekitar pukul 11.30 waktu setempat (1730 GMT) selama kebaktian gereja, menurut laporan media. Tidak jelas berapa banyak pemuja di dalam saat itu.

Setelah penembakan tersebut, tersangka tersebut melesat pergi ke sebuah mobil dan segera terpojok oleh deputi sheriff di luar Wilson County di Guadalupe County, Wiley mengatakan kepada Reuters. Dia tidak tahu apakah penembak itu meninggal karena tembakan yang ditimbulkan sendiri atau dibunuh oleh para deputi. (Wan)

 

Anda mungkin juga berminat