Turki Produksi Mobil Perdana Karya Anak Negeri

111

ANKARA (Garudanews.id) – Turki meluncurkan usaha bersama untuk memproduksi mobil karya anak negeri pertama yang diproduksi di dalam negeri di ibukota Ankara pada Kamis (2/11).

Presiden Recep Tayyip Erdogan, Perdana Menteri Binali Yildirim, dan Menteri Ilmu Pengetahuan, Industri dan Teknologi Faruk Ozlu menghadiri peluncuran usaha domestik bersama industri otomotif tersebut di istana kepresidenan.

Erdogan mengumumkan bahwa lima perusahaan pemasok otomotif – Anadolu Group, BMC, Kiraca Holding, Turkcell, dan Zorlu Holding – akan bersama-sama memproduksi mobil buatan dalam negeri pertama di Turki.

Presiden mengucapkan terima kasih kepada perusahaan dan berjanji memberi “dukungan penuh” untuk usaha tersebut.

“Saya akan mengikuti perkembangannya,” kata Erdogan. Demikian Anadolu Agency memberitakan.

Inisiatif tersebut muncul setelah adanya seruan berulang kali dari Erdogan dan Kementerian Ilmu Pengetahuan, Industri dan Teknologi untuk proyek mobil gabungan Union of Chambers and Commodity Exchanges (TOBB).

Erdogan memperkirakan prototipe mobil produksi dalam negeri pertama akan siap pada 2019 dan penjualannya bisa dimulai pada 2021.

“Tidak ada yang ragu, kami akan memproduksi mobil Turki dengan desain dan teknologi terbaik, baik untuk negara dan dunia kita,” tambahnya.

Menurutnya, hal yang memalukan bagi Turki karena ketinggalan memproduksi mobil buatan dalam negerinya. Ia mencatat bahwa lebih dari 750.000 mobil terjual di negara itu tahun lalu.

“Hari ini, kita mengambil langkah bersejarah untuk menyingkirkan rasa malu ini,” tambahnya. (mina/wan)

Anda mungkin juga berminat