Rahmat Effendi: Budaya Toleransi di Kota Bekasi Sudah Tertanam Sejak Lama

73

KOTA BEKASI (Garudanews.id) – Guna mewujudkan rasa aman, damai  bagi umat Kristiani saat melaksanakan ibadah Natal 2017, Walikota Bekasi Rahmat Effendi, bersama Kapolresta Bekasi Kota, Kombespol Indarto, Dandim 0507 Bekasi Wawan Kusnendar, Minggu (24/12) malam melakukan monitoring ke sejumlah Gereja.

Dalam monitoring tersebut Walikota Bekasi, Rahmat Effendi dan rombongan mengunjungi beberapa Gereja yang malam itu merayakan Natal. Monitoring pertama mendatangi Gereja HKBP Jakasampurna di Jalan Gowa no 73 Bekasi Barat. Kehadiran orang nomor satu di Kota Bekasi dan rombongan itu mendapat sambutan hangat dari pimpinan Gereja setempat dan jemaatnya.

“Saya mengajak Kapolres dan Dandim untuk menyampaikan kepada petinggi di republik ini, bahwa warga di Kota Bekasi sudah lama bertoleran dan menghormati satu sama lain. Selaku kepala daerah saya bangga, sebab suku apapun yang tinggal di Kota Bekasi dan mempunyai keyakinan sesuai ketentuan perundang-undangan wajib kita lindungi,” tegasnya.

Dia pun berharap Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 ini aman. Karena, kata dia sebelumnya pihaknya sejak lama sudah dilakukan sosialisasi pemahaman dalam hidup bertoleran satu sama lain antara anak bangsa yang ada di Kota Bekasi.

“Kalau sekarang umat Nasrani baik Katholik ataupun Kristen melakukan ritual ibadahnya kita hormati, sama seperti umat lain menghormati Hari Raya Idhul Fitri, Hari Raya Qurban, jadi itu yang kita harapkan di Kota Bekasi,” katanya.

Dari pantauan di lapangan, , sebelum melakukan monitoring Walikota Bekasi Rahmat Effendi dan rombongan berkumpul di posko Giant Hypermall Bekasi. Monitoring pertama di Gereja HKBP Jakasampurna, Bekasi Barat, dari Gereja HKBP monitoring dilanjutkan ke Perumahan Harapan Baru Regency. Yakni, ke GKRI Harapan Baru dan HKBP Harapan Baru.

Usai melakukan monitoring didua gereja itu rombongan Walikota Bekasi, Rahmat Effendi dilanjutkan dengan meninjauan ke Perumahan Galaxy yaitu Gereja Katolik St. Bartolomeus, GPIB Galilea dan GMI Sungai Yordan. Walikota Bekasi, Rahmat Effendi dalam monitoring didampingi pula Sekretaris Daerah Kota Bekasi Rayendra Sukamadji dan sejumlah jajaran pemerintah Kota Bekasi. (Red)

Anda mungkin juga berminat