Kemenhub Berencana Berlakukan Kebijakan Ganjil Genap di Ruas Tol Jakarta-Cikampek

49

JAKARTA (Garudanews.id) – Guna mengatasi kepadatan lalu lintas di sepanjang jalan Tol Jakarta – Cikampek yang saat ini tengah dilakukan pembangunan,   Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana memberlakukan sistem ganjil genap di ruas Tol Jakarta-Cikampek. Rencana pemberlakuan kebijakan ganjil genap di ruas tol itu,  akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Pemberlakukan ini dilakukan agar pengguna kendaraan pribadi beralih menggunakan kendaraan umum. Untuk Jakarta Cikampek ada ganjil genap untuk kendaraan pribadi, tapi mau kami bahas lagi, mau kami matangkan,” kata Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi, di Jakarta, Selasa (30/1/2018).

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Bambang Prihartono, mengatakan wacana pemberlakuan ganjil genap di Tol Jakarta Cikampek muncul karena kepadatan lalu lintas di tol tersebut, dinilai parah.

Dikatakannya,  ketika kebijakan ganjil genap diberlakukan, pihaknya akan menyediakan 300 bus supaya pengguna kendaraan pribadi beralih ke angkutan umum. Nantinya bus tersebut khusus akan beroperasi di dalam tol.

“Kami akan pindahkan pengguna angkutan pribadi ke angkutan massal yaitu bus. Supaya busnya menarik, kami bikin lajur khusus di jalan tol,” ucapnya.

Agar masyarakat tertarik menggunakan bus, Bambang memastikan waktu tempuh antar gerbang tol menggunakan bus itu terukur. Sehingga waktu keberangkatan dan kedatangan bus tol itu tepat waktu. (Red)

 

Anda mungkin juga berminat