Tema HPSN 2018, Sayangi Bumi Bersihkan Dari Sampah

43

Jakarta ( Garudanews.id ) – Bicara tetang sampah menjadi hal yang tak kunjung usai. Berbagai cara di lakukan dan disosialisasikan pemerintah dan pegiat lingkungan hidup, namun sampah masih banyak kita jumpai di sungai – sungai, di tebingan dan di pinggir – pinggir jalan.

Hal tersebut masih menjadi concern Kementerian Lingkungan Hidup dalam mengatasi permasalahan sampah kedepan. Tadi malam, Sabtu (20/01),  Menteri LHK, Siti Nurbaya, melaunching Peluncuran Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ( HPSN ) Tahun 2018 di Gedung KLHK.

Tema Peringatan Hari Peduli Sampah ( HPSN ) tahun ini adalah Sayangi Bumi Bersihkan dari Sampah. “ Peringatan HPSN tahun ini kita mengambil tema  Sayangi Bumi, Bersihkan Dari Sampah “ Ujar Siti dalam kata sambutannya.

Siti menjelaskan Undang-Undang RI no 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah di Indonesia mengatur Kewenangan antar strata pemerintahan.  “ Jadi tugas Pemerintah Pusat ngapain, Propinsi Ngapain, Kabupaten Kota ngapain, itu diatur di undang – undang ini. Disisi lain lain hak – hak rakyat juga diatur, paparnya.

Siti menekankan, pada tahun 2018 ini semua harus sudah harus betul-betul kongkrit melihat itu semua. “ Di 2018 ini kita sudah harus betul – betul konkrit melihat itu semua. Apa itu hak rakyat dan juga perlunya Law Inforcement. Titik utama yang perlu dilakukan adalah Kebersihan di pasar, pelabuhan, fasilitas fasilitas umum dan pemukiman. Itu sudah ada ada surat edaran dari kementerian kepada pemerintah daerah, “ Lanjutnya.

Dalam launching Peringatan HPSN yang di pusatkan di halaman KLHK, Arboretum Ir. Lukito Daryadi, M,Sc malam tadi itu, di isi dengan rangkain kegiatan, dari pelatihan memilah dan mengolah sampah kepada para siswa sekolah, diskusi, hingga hiburan music ethnic  oleh Sanggar Rungkun Awi , Pimpinan Tedja Kusuma. Cj

Anda mungkin juga berminat