Sebagai Ajang Edukasi, Pemkot Bekasi Kini Miliki Gedung Kesenian Sendiri

55

KOTA BEKASI (Garudanews.id) –  Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, Senin (5/2), kembali meresmikan Gedung Kesenian Kota Bekasi yang berada di Jalan Pansor, Rt01, Rw02, Kelurahan Bojongenteng, Rawalumbu, Kota Bekasi. Hal ini sebagai bukti bahwa Pemkot Bekasi peduli akan perkembangan kesenian di Kota Bekasi.

Usai meresmikan gedung tersebut, pria yang akrab disapa Pepen tersebut menuturkan bahwa keberadaan gedung kesenian ini sebagai representasi dari penanaman dan pengembangan serta pengedukasian mengenai seni dan budaya Bekasi yang selama ini terus dipertahankan keberadaannya.

“Saya berharap setelah diresmikan gedungnya, bisa dipergunakan dengan sebaik mungkin untuk mengembangkan kesenian Bekasi,” ungkapnya.

Kata Wali Kota, Gedung Kesenian Kota Bekasi tersebut nantinya diharapkan pula mampu melahirkan generasi-generasi yang mampu menjaga dan merawat seni dan budaya Bekasi secara maksimal.

“Gedungnya sudah ada, jadi pergunakanlah semaksimal mungkin,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Bekasi, Dadang Ginanjar, mengatakan untuk bangunan Gedung Kesenian Kota Bekasi sendiri, pembangunannya menggunakan tiga kali mata anggaran dari APBD Kota Bekasi.

“Menggunakan tiga kali APBD Kota Bekasi, yakni APBD Kota Bekasi tahun 2014, APBD tahun 2016 dan APBD tahun 2017,” ujarnya.

Untuk APBD Kota Bekasi tahun 2014 sendiri, anggaran yang dipakai sebesar Rp600 juta lebih, sedangkan tahun 2016 sebesar Rp3 miliar lebih dan tahun 2017 sebesar Rp4 miliar lebih.

“Kalau diakumulasikan sebesar Rp8 miliar lebih anggarannya,” tambahnya.

Sedangkan untuk tanahnya sendiri, bangunan tersebut menggunakan tanah milik negara atau tepatnya milik dinas PUPR Pusat dengan luas tanah 2.500 meter persegi sedangkan luas bangunannya seluas 1.800 meter persegi.

“Tanah yang dipergunakan statusnya milik negara dan sudah mendapatkan izin dari Pemerintah Pusat untuk dibangun Gedung Kesenian Kota Bekasi,” tandasnya. (Gir)

Anda mungkin juga berminat