UNBK, SMP Negeri Belum Siap Sarpras Pendukung

62

KOTA BEKASI (Garudanews.id) – Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Bekasi, Samsu, menyatakan bahwa sejumlah SMP Negeri di Kota Bekasi siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (27/2), Samsu secara tegas mengatakan secara garis besar SMP Negeri di Kota Bekasi menyatakan sudah siap melaksanakan UNBK pada tahun 2018 ini.

Hanya saja, sebagian dari mereka menggunakan fasilitas yang ada di SMA-SMK atau meminjam unit komputer milik siswanya.

“Secara garis besar sudah siap, hanya saja ada beberapa kendala teknis yang masih ditemui di lapangan,” ungkap Samsu.

Menurut Samsu, untuk itu pihak sekolah sudah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan sekolah di tingkat SMA-SMK terdekat terkait peminjaman ruang maupun unit komputernya untuk pelaksanaan UNBK tersebut.

“Sehingga pada pelaksanaan UNBK-nya tidak ditemui kendala dan siswanya pun bisa mengikuti ujian dengan nyaman,” paparnya.

Meskipun secara fisik sekolah tersebut masih memiliki kendala berupa ketersediaan unit komputer dan sarana pendukung lainnya, diperkirakan sekitar 13 sekolah siap melaksanakan UNBK secara mandiri mengingat kesiapan unit komputer dan lain sebagainya.

“Kurang lebih sebanyak 15 SMP Negeri di Kota Bekasi yang bekerjasama dengan pihak SMA-SMK untuk pelaksanaan UNBK-nya, sedangkan sekitar 13 sekolah sudah siap melaksanakannya secara mandiri alias tidak menumpang ke sekolah lain,” jelasnya menambahkan.

Meskipun demikian, dirinya optimis kedepannya sekolah-sekolah ini akan siap secara keseluruhan baik kelengkapan unit komputer hingga server pendukungnya.

“Saya optimis bahwa kedepannya sekolah tersebut bisa melaksanakan UNBK secara menyeluruh tanpa adanya kendala teknis di lapangan,” ujarnya.

Anda mungkin juga berminat