BPOM Diminta Investigasi Penemuan Ikan Kaleng Mengandung Cacing

74

JAKARTTA (Garudanews.id) –  Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) didesak untuk melakukan investigasi secara menyeluruh mengenai asal-muasal, pengemasan, distribusi dari produk sarden kalengan impor yang mengandung cacing. Hal tersebut diungkapkan Anggota Komisi IX DPR RI Abidin Fikri, menyusul adanya produk ikan kaleng impor mengandung cacing.

“Baru-baru ini kita mendengar Balai BPOM Kota Pekanbaru mengumumkan mengenai produk ikan kaleng impor mengandung cacing yang ditemukan di tiga produk impor ikan makarel kaleng yang terbukti mengandung cacing yaitu  merek IO, Farmerjack, dan Hoki. Ini harus diinvetigasi,” ungkap Abidin melalui rilis yang diterima Parlementaria, Jumat (23/3).

Untuk kejadian ini, Abidin juga mendesak BPOM memberikan sanksi setelah mendapatkan hasil investigasi yang menyeluruh mengenai produk sarden kaleng. impor yang mengandung cacing.

“Pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota berkoordinasi dengan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) juga perlu  turun ke pasar tradisional dan swalayan di seluruh daerah untuk memastikan penarikan produk yang beredar di pasaran,” tuturnya.

Lebihlanjut, politisi PDI Perjuangan itu meminta BPOM mengklarifikasi serta memberikan informasi yang utuh mengenai kasus ini agar tidak timbul keresahan di kalangan masyarakat.

“Masyarakat harus lebih berhati-hati serta cermat dalam mengkonsumsi produk pangan, obat dan kosmetik dan berinisiatif melaporkan  ke BPOM jika terdapat produk yg dicurigai tidak sesuai baik kemasan, label, ijin edar dan kadaluarsa, hal ini demi peningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia,” ujarnya. (Yan/Prl)

Anda mungkin juga berminat