Polresta Bogor Tangkap Pengedar Upal 6 Milyar

91

Kota Bogor (Garudanews.id) –Jajaran Polresta Bogor berhasil mengungkap peredaran uang palsu dengan barang bukti Uang Palsu (Upal) sebesar 6 Milyar.

Kasus tersebut di ungkap satuan Polsek Bogor Timur pada hari Selasa ( 27/03 ) di sebuah kontrakan Kp. Parung Banteng Rt 02 Rw 02 Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Bogor Kota.

“Jajaran kami berhasil menangkap pelaku dan mengamankan barang bukti tadi pagi jam 07.00. Kita melakukan penangkapan terhadap 3 orang. 1 pelaku dan 2 pengawalnya,” ucap Kapolresta Bogor, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya

Dari hasil pengembangan penyelidikan, Polisi berhasil mengamankan 5 orang, 3 orang ditetapkan sebagai tersangka yaitu CDR, MAX, dan YRN.

“Para pelaku kami kenakan pasal 245 KUHP dan Pasal 376 KUHP dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara dan 2 orang yang lain masih diselidiki perannya” ungkapnya.

Ulung menjelaskan modus operandi yang dipakai adalah memperjual belikan upal tersebut.

“Mereka memiliki uang palsu sebanyak Rp 6.000.000.000 dan akan dijual dengan 1 banding 3, artinya 1M asli uang ditukar dengan 3M uang palsu. Dari hasil sementara jumlah uang palsu 6M, yang mana mereka dapatkan dengan 1M dia beli 750rb kemudian dia jual kembali 1 banding 3, dia beli by phone, dan COD. Uang didatangkan dari luar bogor dan uang dijual di luar bogor, ” Papar Ulung.

Dalam kasus ini, polisi berhasil menyita barang bukti yang dimiliki pelaku yaitu 6 buah koper, Uang palsu sebesar Rp 6.000.000.000 yang disimpan didalam satu koper, satu unit kendaraan roda 4 Toyota Cayla, Satu tas hitam berisikan slip setoran dari Bank BCA, Bank Mandiri, dan Bank BRI.

Karena banyaknya nominal yang ditemukan, Kapolresta Bogor menghimbau agar masyarakat lebih berhati-hati dalam bertransaksi.

“Kalo mau bertransaksi pastikan dulu di cek uangnya dengan cara, dilihat, diraba, diterawang” pungkasnya. (Cj)

Anda mungkin juga berminat