Bekasi Dapatkan Kembali Predikat Sebagai Kota Bersih

104

BEKASI, (Garudanews.id) – Kota Bekasi kembali meraih penghargaan sebagai Kota Sehat atau Swasti Saba tahun 2017 dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kota Sehat Tingkat Nasional kategori Wiwerda (3-4 tatanan) tahun 2017 dari penilaian Kementerian Kesehatan RI dan Kementerian Dalam Negeri.

Penilaian tersebut mengacu pada pola hidup dan partisipasi masyarakat, serta lingkungan yang mendukung layak atau tidaknya sebuah daerah disebut kota atau kabupaten yang sehat. Sebelumnya di 2016, Kota Bekasi juga dianugerahi penghargaan Kota Sehat kategori Swasti Saba Padapa (1-2 tatanan).

 

Pejabat (Pj) Walikota Bekasi Ruddy Gandakusumah secara langsung menerima piagam penghargaan tersebut yang diberikan Asisten Pemerintahan, Hukum, dan Kesejahteraan Sosial Setda Jawa Barat, Koesmayadi Tatang Padmadinata di Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat, Rabu, (11/4).

 

Ruddy didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati dan Bagian Humas Setda Kota Bekasi, menerima penghargaan tersebut.

 

Ruddy mengucapkan rasa syukur dan teruma kasihnya kepada masyarakat kota Bekasi atas penganugerahan kembali Kota Bekasi sebagai Kota Sehat dari pemerintah Pusat dan Provinsi Jawa Barat. Ia menambahkan bahwa prestasi tersebut tidak lepas dari peran pemerintah dan masyarakat dalam penerapan hidup sehat.

 

Dikatakan Ruddy, Pemkot Bekasi akan terus berkomitmen meningkatkan derajat kesehatan masyarakat berupa program sosialisasi preventif dan meningkatkan progam pelayanan kesehatan.

 

“Prestasi atas penilaian pihak pusat jadi penyemangat kita berbuat lebih baik lagi. Semoga tahun-tahun berikutnya kategori lainnya bisa kita raih,” kata Ruddy.

Asisten Pemerintahan, Hukum, dan Kesejahteraan Sosial Setda Jawa Barat, Koesmayadi Tatang Padmadinata mengatakan sebanyak 20 Kabupaten Kota di Jawa Barat meraih Swasti Saba 2017.

“Dan dari keberhasilan kota/kabupaten ini, juga mengantarkan Pemprov Jawa Barat meraih predikat sebagai Provinsi Pembina Kota/kabupaten Sehat Tingkat Nasional bersama Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta dan Pemprov Sulawesi Selatan,” ujar Koesmayadi.

Sebagai bentuk apresiasinya, selain memberika piagam, Pemprov Jabar juga memberikan kadeudeuh berupa uang pembinaan kepada Kota/kabupaten yang meraih Swasti Saba 2017.

“Kami mengapresiasi capaian Kota/kabupaten meraih swasti saba atau kota sehat di 2017. Dan semoga dimasa mendatang predikat Kota Sehat bisa diraih semua atau 27 Kabupaten/kota di Jawa Barat ,” kata Koesmayadi.(Mam)

Anda mungkin juga berminat