Kaporli Harap Polwan Isi 40 Persen Jabatan di Porli

164

JAKARTA (Garudanews.id) – Kapolri Jenderal Tito Karnavian berharap Polisi Wanita (Polwan) mengisi porsi lebih besar dalam korps Bhayangkara. Dia menargetkan Polwan mengisi 30-40 persen dari total keseluruhan dan mengisi jabatan strategis hingga menjadi Kapolri. Tito menjelaskan dari sekitar 400 ribu total anggota kepolisian, Polwan hanya sebanyak 10 persennya saja sekitar 30 ribu saja.

“Saya ingin Polwan menempati kursi kira-kira 30-40 persen,” ujar Tito usai apel Wanita TNI dan Polwan di Monas, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Tito ingin juga para Polwan mengisi jabatan strategis di kepolisian. Sebab, Polwan memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan polisi laki-laki. Seperti tidak rentan terhadap praktik suap, dan sensitif untuk penanganan terhadap anak-anak.

Karenanya, beberapa Polwan telah menjabat sebagai Kapolres. Paling tinggi, Polwan menjabat sebagai Wakapolda yaitu, Wakapolda Kalimantan Barat Brigjen Sri Handayani.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini berharap ke depannya, banyak yang menjadi Pati di Mabes Polri, atau sampai menduduki jabatan tertinggi Korps Bhayangkara sebagai Kapolri atau Wakapolri.

“Saya justru ingin Kapolda ada yang dari Polwan. Bila perlu pejabat tinggi Mabes Polri, Kapolri, Wakapolri ke depan kita harapkan bisa Polwan,” ujar Tito.

Selain itu, Tito mengatakan saat ini Polwan telah diapresiasi dunia. Dia mengaku diminta Sekjen PBB untuk mengirimkan kontingen Polwan ke Asia Tengah dan Afrika Tengah.

“Mereka paham bahwa Polwan kita memiliki kualitas bagus karena itu mereka meminta pasukan khusus polwan untuk berangkat ke Central Asia, Central Afrika dalam waktu tiga bulan ke depan inilah kontingen pertama kita sepanjang polri ada,” kata dia, seperti di kabarkan NTMC.

 

Anda mungkin juga berminat