SMAN 17 Kota Bekasi Terapkan UKK Berbasis Komputer

59

BEKASI (Garudanews.id) – Sebagai upaya untuk menekan angka kecurangan ketika pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas (UKK), SMA Negeri 17 Kota Bekasi terapkan UKK berbasis komputer di sekolahnya.

Dari penuturan Kepala Sekolah SMA Negeri 17 Kota Bekasi, Waluyo, penerapan ujian berbasis komputer bagi siswanya tersebut tidak lain sebagai upaya untuk menekan tingkat kecurangan siswa ketika mengikuti ujian kenaikan kelas.

“Kami tidak ingin mereka berbuat hal yang tidak diinginkan, karena itu kami menerapkan ujiannya berbasis komputer seperti UNBK,” kata Waluyo, Rabu (23/5).

Dengan target mampu menumbuhkan sikap jujur di kalangan siswanya, UKK berbasis komputer tersebut dilaksanakan sebanyak 6 sesi. Dimana setiap sesinya siswa mengerjakan 2 mata pelajaran yang diujikan dan diselenggarakan mulai tanggal 18-28 Mei 2018.

“Ada 6 sesi untuk ujiannya dan siswa mengerjakan sebanyak 2 mata pelajaran yang diujikan, dan untuk soal yang dikerjakan oleh siswa bentuknya berbeda dengan soal siswa disampingnya,” terangnya.

Waluyo menerangkan, keputusan untuk melaksanakan UKK berbasis komputer ini tidak lain sebagai langkah untuk menekan anggaran operasional penggunaan kertas ketika ujian berlangsung.

Sehingga dengan begitu, anggaran yang ada bisa dialokasikan ke pos lainnya dan sebagai upaya penghematan pengeluaran ketika ujian berlangsung.

“Yang perlu diingat disini, hal ini kami lakukan untuk penghematan anggaran dan hasil yang diperolehnya pun juga sangat positif bagi lingkungan SMA Negeri 17 Kota Bekasi,” paparnya. (Gir)

Anda mungkin juga berminat