Peringati Hari Pramuka Ke 57, Jadikan Pramuka Pedoman Pemersatu Bangsa

93

BEKASI, (Garudanews.id) – Pramuka baik itu Indonesia maupun dunia, tak bisa dilepaskan dari sosok Bapak Pandu Sedunia, pendiri gerakan Pramuka Baden Powell. Sejarah tersebut bermula ketika Pria yang bernama lengkap Lord Robert Baden Powell Gilwell ini melaksanakan perkemahan pertamanya bersama dengan 22 anak laki-laki pada tanggal 25 Juli 1907 di Pulau Brownsea, Inggris. Perkemahan yang berlangsung selama 8 hari itu menjadi tonggak sejarah penting dari lahirnya gerakan Pramuka Dunia.

Ciri khas militer yang melekat kuat pada dirinya, membuat Baden Powell dikenal sebagai sosok yang tegas, disiplin, dan terampil. Sifat-sifat yang memang menjadi ciri khas dari gerakan Pramuka.

Dalam rangka memperingati hari jadi Pramuka yang ke 57, UPTD SD Kecamatan Bekasi Barat laksanakan Giat Siaga Ceria. Hal tersebut demi menjalin rasa persatuan dan sekaligus menggali potensi ketrampilan Pramuka Siaga di wilayahnya.

“Kita melanjutkan giat siaga ceria untuk menggali potensi ketrampilan dan ketangkasan juga karakter siswa dan sebagai ajang keakraban diantara pangkalan pramuka masing masing sekolah menjadi satu lapangan dalam meraih prestasi,” kata Kepala UPTD SD Bekasi Barat Sukarmi kepada media, Jumat (17/8).

Sukarmi yang juga Wakil Kepala (Waka) Mabiran sangat mendukung dan memberikan  apresiasi setinggi tingginya dalam kegiatan tersebut.

“Sangat bagus untuk pembentukan jiwa spirtif dan tanggung jawab kepada seluruh siaga di kwaran kecamatan bekasi barat,” imbuhnya.

“Disamping itu kegiatan inipun dimeriahkan oleh grup drum band gita nada suharyani dari pangkalan SDN Kota Baru 4 dg pelarih ibu siti aminah sebagai pembina dan Mabigus bu haji Erah Suhaerah,”tambah Sukarmi.

Diketahui, dalam kegiatan tersebut, SDN Jakasampurna II Bekasi Barat, SDN Kota Baru turut serta dalam kegiatan yang dilaksanakan pada 12 Agustus yang lalu. Selain itu, turut di lombakan juga lomba senam dan Marcing Band. Sekolah SDN Jakasampurna 2 yang memboyong piala dalam lomba tersebut.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN Kota Baru Erah Suhaerah mengucapkan rasa terima kasihnya kepada kepala UPTD SD Bekasi Barat atas dukunganya terhadap kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah, kami ucapkan rasa terima kasih kami kepada kepala UPTD  kegiatan anak didik di SDN Kota Baru 4, eskul marching band selalu tampil di momen kegiatan yang ada di uptd Bekasi Barat,” Erah

“Kegiatan lomba di bulan Agustus, alhamdulillah di pesta siaga dapat 5 piala, kegiatan lomba senam PGRI dapat juara harapan 1 dr 58 SD yang ikut,” kata dia.

Hal senada dikatakan oleh Kepala Sekolah SDN Jakasampurna 2 Maisaroh. Ia mengatakan bahwa dalam kegiatan tersebut, adalah hasil dari didikan para guru dalam mempersiapkan Pramuka Siaga SDN Jakasampurna 2.

“Jadi memang kita mendidik mereka dengan keceriaan, sehingga mereka tambah semangat, tidak dalam tekanan, guru-guru nya pun harus seperti itu,” kata Maisaroh.

Maisaroh yang juga anggota Mabigu pramuka tersebut berharap bahwa keberadaan pramuka dapat dijadikan pedoman dasar untuk turut menjaga persatuan.

“Saya berharap kalau sekolah betul-betul menerapkan pendidikan kepramukaan, insya allah Indonesia ini akan aman, karena mereka di didik saling menghargai, saling menyayangi,” pungkasnya.

Juara 3 tingkat Nasional yang beberapa waktu lalu membawa nama Jawa Barat yaitu SDN Bintara XI turut dihadirkan untuk memberikan motovasi dan pengalamannya kepada sekolah lainnya. (Mam)

Anda mungkin juga berminat