Yogyakarta Diguncang Gempa 5,8 SR Dini Hari Tadi

156

JAKARTA (Garudanews.id) – Gempa berkekuatan 5,8 pada skala Richter mengguncang Gunungkidul, Yogyakarta. Lindu ini terjadi pada Rabu dini hari, 29 Agustus 2018, pukul 01.36 WIB.

“Pusat gempa di laut 112 kilometer barat daya Gunungkidul,” tulis BMKG di akun Twitter-nya, Rabu 29 Agustus 2018.

Pusat gempa yang berada di laut itu terukur bersumber dari kedalaman 10 kilometer. Koordinat titik gempa tepatnya berada di 8,97 Lintang Selatan dan 110,23 Bujur Timur. BMKG mengatakan gempa ini tak berpotensi tsunami.

Dilansir dari Tempo, BMKG menyebutkan gempa itu dirasakan dengan skala III Modified Mercalli Intensity (MMI) di Bantul. Skala III berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Adapun di Yogyakarta, Karanganyar, dan Karangkates getaran gempa terukur pada skala II-III atau semakin lemah. Skala II MMI setara getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Selain itu skala I-II MMI juga dirasakan di Wonogiri, Banjarnegara, Purworejo, Trenggalek, serta Sawahan.

Getaran gempa terekam hingga di stasiun seismik Gunung Merapi tapi tidak memberi pengaruh terhadap aktivitas gunung itu. Info yang terakhir ini disampaikan lewat akun media sosial Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi.

Situs BMKG mencatat gempa berkekuatan sama, 5,8 Skala Richter juga terekam mengguncang dari kedalaman yang sama di 105 kilometer tenggara Kupang, Nusa Tenggara Timur, pada Selasa siang 28 Agustus 2018. Hanya beberapa menit sebelumnya gempa 6,2 Skala Richter menggoyang di kawasan dan dari kedalaman yang sama. (Red/Lya)

Anda mungkin juga berminat