Kebijakan Baru KS Terus Di Sosialisasikan

106

BEKASI, (Garudanews.id) – Kartu Sehat (KS) berbasis NIK yang selama ini menjadi kebanggaan warga Bekasi, kini punya kebijakan baru dalam penggunaannya. Penggunaan KS sekarang harus mendapat rujukan dari puskesmas setempat sebelum pasien akan menuju Rumah Sakit. Untuk menyebarkan informasi kebijakan baru tersebut, Pemkot Bekasi lakukan sosialisasi di setiap kelurahan. Seperti yang terlihat di kelurahan Pekayon Jaya, Bekasi Selatan pada Rabu (14/11).

Kelurahan Pekayon Jaya bertatap muka dengan warga untuk lakukan temu dengan warga untuk sosialisasikan penggunaan KS, bertempat di Aula Kelurahan Pekayon Jaya, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Puskesmas Pekayon Jaya dr. Agung Insani Firdaus, serta jajaran kelurahan Pekayon Jaya.

Menurut Lurah Pekayon Jaya Rahmat Jamhari saat ditemui di kantornya, menuturkan bahwa kegiatan sosialisasi kebijakan baru KS NIK tersebut untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang tata cara penggunaan KS yang baru.

“Intinya pelayanan pengguna KS NIK tidak ada yang berubah, jika pusing, sakit perut, sakit gigi, datang saja ke Puskesmas Pekayon Jaya, langsung dilayani karena pelayanannya sama dengan Rumah Sakit, mari kita tingkatkan antusias kepada Pelayanan Kesehatan di Puskesmas,” ujar Rahmat Jamhari

Sementara itu, Kepala Puskesmas Pekayon Jaya, dr. Agung Insani, mengapresiasi kebijakan baru KS NIK, karena menurutnya setelah perubahan sistem KS NIK Peningkatan jumlah pasien di puskesmas  meningkat 30 hingga 40 persen.

“Saya rasa sistem baru ini bukan mempersulit warga, Kembalinya sistem seperti ini bisa membuat warga semakin teratur untuk mempergunakan KS NIK,” ujar dr. Agung kepada media

Senada dengan penuturan lurah Rahmat Jamhari, dr. Agung juga berharap bahwa masyarakat dapat memahami kebijakan baru KS. Namun, ia juga menuturkan bahwa KS masih dapat digunakan di RS Swasta.

“Nah bila ada pasien keadaan kronis bisa langsung ke rumah sakit milik Pemerintah ataupun RS Swasta terdekat,” tutup dr. Agung. (Mam)

Anda mungkin juga berminat