Cek Mad Harapkan Kepala Desa Gunakan DD  untuk Program Pemberdayaan Ekonomi dan SDM

84

ACEH UTARA (Garudanews.id) – Besarnya anggaran dana desa (DD) yang dikucurkan oleh pemerintah  pusat menjadi perhatian khusus pemerintah daerah.  Dimana, anggaran yang akan digunakan  haruslah bermanfaat langsung  dengan masyarakat, bukan hanya dibidang infrastruktur tapi harus juga menyentuh tentang pemberdayaan ekonomi dan sumberdaya manusia kedepannya.

Bupati Aceh Utara Muhammad Taib, saat dimintai tanggapannya oleh media garudanews.id usai acara maulid di kecamatan Langkahan,  mengatakan pemberdayaan ekonomi harus dimulai dari desa.

“Sekarang ini  kita perlu program pemberdayaan ekonomi dan sumberdaya manusia yang harus di anggarkan melalui dana desa. Kalau yang lain itu biar jadi urusan bupati bukan urusan geuchik (Kepala Desa),” ujar Taib, Kamis (31/1).

Lebih lanjut Taib mengatakan, disaat program DD habis atau diganti dengan program lain, pihaknya berharap agar ada bekas dari program tersebut.

“Contoh seperti Perbup yang mewajibkan setiap desa membangun paling kurang 2 rumah duafa disetiap desa.  Jadi dengan sendirinya ini sudah mengurangi angka rumah tidak layak huni di Aceh Utara,” terang Cek Mad.

Dari sejumlah item yang ia tawarkan agar dapat direalisasikan oleh geuchik. Terkait dengan tekhnisnya, Bupati menyerahkan kepada masing-masing desa.

“Jadi itu semua kita serahkan kepada geuchik untuk berkoordinasi dengan Muspika supaya hadir satu aturan tentang pemberdayaan ekonomi dan sumber daya manusia,” pungkas Cek Mad. (Syahrul)

Anda mungkin juga berminat