Diduga Tilep Rp 1,18 Miliar, Kejari Sukabumi Tahan Dua Kades 

170

SUKABUMI (Garudanews.id) – Diduga menilap Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp 1,18 miliar, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sukabumi menahan dua kepala desa (kades) koruptor.

“Kedua tersangka yakni, Y Kades Cibuntu Kecamatan Simpenan dan EN Kades Pagelaran Kecamatan Purabaya,” jelas Tim Penyidik Kejari Kabupaten Sukabumi, Rizal Jamaludin kepada awak media, baru baru ini.

Kata Rizal, kedua kades diduga tersandung kasus tindak pidana korupsi (tipikor) DD dan ADD tahun anggaran 2016 dan 2017.
”Kita telah menetapkan penahanan dua tersangka kades hingga 20 hari kedepan. Dan juga melakukan penyerahan Barang Bukti (BB) dan proses pelimpahan berkas dari kepolisian,” katanya.

Menurut Rizal, rincian uang negara yang diselewengkan tersangka Y sekitar Rp 551 juta yang bersumber dari DD dan ADD tahun 2016 dan 2017. Sedangkan tersangka EN selewengkan DD dan ADD tahun 2017 sebesar Rp 636 juta.

”Penahanan dilakukan setelah adanya kelengkapan alat bukti dan dikhawatirkan kedua oknum kades melarikan diri serta menghilangkan barang bukti,” tegas Rizal.

Rizal mengakui, untuk kasus kades Cibuntu berdasarkan laporan masyarakat dan ditindaklanjuti Inspektorat Kabupaten Sukabumi. Sementara kasus kades Pagelaran merupakan limpahan pihak kepolisian.

“Untuk sementara kedua tersangka kita titipkan ke Lapas kelas II B Warungkiara,” ucapnya. (ded).

Anda mungkin juga berminat