Inilah Kebijakan Kepala Daerah Yang Patut Ditiru

115

KOTA BEKASI (Garudanews.id) – Di Hari Ulang Tahunnya yang ke 22,  jatuh pada tanggal 10 Maret, pemerintah Kota Bekasi kini terus berbenah. Sebagai daerah penyangga ibu kota Jakarta, prospektif pembangunan daerah yang dijuluki Kota Patriot ini tergolong pesat

Setelah 22 tahun berdiri melalui keputusan UU No 9 Tahun 1996 tentang pembentukan Kotamadya Bekasi. Kini pemerintahan yang dipimpin oleh Rahmat Effendi dan Tri Adhianto menunjukan eksistensinya sebagai kota metropolitan.

Meski sebagai kota metropolitan, namun kebijkan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi patut ditiru oleh daerah lainnya dalam  rangka melestarikan budaya untuk mempertahankan kearifan lokal.

Seperti dalam pawai HUT Kota Bekasi ke 22, menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan lokal maupun manca negara. Ribuan masyarakat terhipnotis dengan pertunjukan seni budaya Kota Bekasi

Bahkan sejumlah wisatawan dari luar provinsi di Jawa Barat rela datang ke Kota Bekasi guna menyaksikan pawai budaya lokal yang dimainkan oleh perwakilan dari tiap kecamatan maupun SKPD yang ada di Kota Bekasi.

Pada kesempatan tersebut, satu persatu rombongan pawai karnaval HUT Kota Bekasi berjalan berkelompok bersama tim keseniannya melewati panggung Wali Kota.

Meski dibawah rintik hujan, tidak menyurutkan peserta maupun pejabat di Pemkot Bekasi untuk bersemangat. Bahkan Wali Kota Bekasi sendiri tidak mau diberi payung untuk melindungi dari hujan. Ia beralasan biar semua menikmati dan merasakan bsahnya air hujan.

“Meski beragam pakaian dan menunjukan keanekaragaman seni, tapi itulah Kota Bekasi, sebagai Kota yang menjunjung tinggi toleransi dan pluralisme dalam bingkai NKRI,” kata Pepen, sapaan akrab Wali Kota.

Pepen juga memberikan motivasi kepada pasukan pawai karnaval yang sebagaian besar pesertanya perupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) agar terus merajut kebersamaan dan menjaga perdamaian.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi juga menerima kunjungan wartawan garudanews.id biro NTT Dance Henukh, yang memang ingin melihat langsung kirab budaya pada HUT Kota Bekasi ke 22 tersebut.

Pepen memberikan apresiasinya dan berterimakasih atas kujungannya di Kota Patriot.

“Kesederhanaan masyarakat timur patut ditiru. Yang lebih penting adalah dalam mengedepankan budaya toleransinya,” ujarnya.

Sebelum mengakhiri Acara Wal Kota Bekasi Rahmat Effendi dan Wakil Wali Kota menyempatkan untuk berpose bersama Dance Henukh.

“Kita kasih kenang kenangan untuk saudara kita dari Rote Ndao NTT untuk foto bersama,” ujar Pepen dengan ramah. (Red)

Anda mungkin juga berminat