Jelang Pemilu Serentak, SPN Ajak Masyarakat Lawan Berita Hoaks

52

SEMARANG (Garudanews.id) -Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak bakal dihelat pada 17 April 2019, sejumlah pihak menginginkan agar proses pesta demokrasi lima tahunan tersebut berjalan aman, damai dan bermartabat.

Untuk itu guna terwujudnya Pemilu yang sesuai dengan harapan masyarakat, sejumlah elemen menggelar Deklarasi Pemilu Damai. Diantaranya dilakukan oleh Serikat Pekerja Nasional (SPN) Jawa Tengah, yang digelar di The Wujil Resort & Convention Hotel, Semarang, pada Kamis (28/02), kemarin.

“Kami menghimbau kepada semua pihak untuk mewujudkan Pemilu yang aman, damai dan sejuk,” ungkap Sekjen SPN Jateng Catrur Andarwanto, seperti dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi, Jumat (1/3).

Lebih lanjut, Catur mengatakan pihaknya meminta kepada pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden melaksanakan kampanye Pemilu yang aman dan tertib, berintegritas, tanpa hoaks, politisasi SARA, dan politik uang.

“Kepada tim kampanye pasangan calon untuk melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan perundangan-undangan yang berlaku,” tambah Catur.

Ia mengatakan, Pemilu merupakan hajat semua pihak, sehingga harus dijaga agar bisa berjalan dengan damai, bermartabat, dan santun.

Tak hanya itu, dia meminta para penyelenggara Pemilu untuk berkomitmen menjalankan tugas-tugasnya dengan penuh integritas.

“Masyarakat untuk tidak menyebarkan hoaks atau berita bohong, terutama yang berkaitan dengan Pilpres 2019,” ucapnya.

Terkait dengan hal itu, lanjut dia, pihaknya juga mensosialisasikan gerakan antihoaks kepada masyarakat.

Didalam aksinya massa juga menyerukan kepada semua lapisan masyarakat untuk tidak terprovokasi dengan isu-isu yang memecah belah kesatuan bangsa.

“Kami mendorong seluruh elemen masyarakat agar sadar menolak politisasi agama,” tandasnya. (Msa)

Anda mungkin juga berminat