Tingkatkan Ketahanan Prajurit, Satlinlamil Surabaya Gelar Latihan Renang

82

JAKARTA, (Garudanews.id) – Untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan teknis dan taktis perorangan prajurit matra laut, 90 orang prajurit Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya mengikuti latihan renang militer, di kolam DBAL dermaga ponton Dislambair Koarmada II Surabaya, Senin (4/3).

Materi latihan renang militer yang diikuti prajurit unsur KRI dan staf ini merupakan kemampuan yang wajib dimiliki setiap prajurit matra laut.

“Bagi prajurit dimana laut merupakan medan juangnya maka keahlian renang laut menjadi keharusan sebagai kemampuan dasar yang mutlak melekat pada diri setiap prajurit matra laut guna menunjang pelaksanaan tugas organisasi dalam melaksanakan operasi laut” ujar Komandan Satlinlamil Surabaya Kolonel Laut (P) Heri Prihartanto.

Renang militer yang dilakukan di laut sangat berbeda tantangan dan tingkat kesulitannya dihadapkan dengan ombak dan arus air laut, sehingga akan membentuk fisik yang prima. Tampak terlihat prajurit Satlinlamil Surabaya begitu antusias berlatih renang militer ini.

Lebih lanjut, Komandan Satlinlamil Surabaya ini mengatakan, prajurit tangguh dibentuk lewat latihan yang rutin secara terus menerus. “Latihan ini juga bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan ketahanan fisik dan mental,” tegasnya.

Kegiatan renang militer yang diselenggarakan sejak 27 Februari hingga 4 Maret merupakan bagian dari rangkaian kegiatan latihan tri wulan pertama tahun 2019.

Dimana pelaksanaan latihan ini berdasarkan surat perintah Panglima Kolinlamil Laksda TNI Heru Kusmanto, guna memelihara dan meningkatkan kemampuan individu dan satuan agar dapat melaksanakan tugas sesuai jabatan dan kesiapan satuan dalam menghadapi tugas operasi.

Pelaksanaan latihan ini ditunjang dengan tenaga instruktur yang profesional dari Dinas Penyelaman Bawah Air (Dislambair) Koarmada II. (Edr).

Anda mungkin juga berminat