Caleg PDIP Laporkan Dugaan Pemilih Ganda ke Bawaslu

287

ROTE NDAO, (Garudanews.id) – Calon Legislatif  Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP)  asal daerah Pemilih 3 meliputi Rote Barat Daya,Rote Barat dan Ndao Nuse,  Mikael Manu, Senin (22/4) bersama  pendukungnya mendatangi Bawaslu Rote Ndao,  atas dugaan pelangaran pemilu yang terjadi di dua TPS wilayah Desa Mbokak dan Oelasin.

Mikael menduga adanya pemilih ganda atau pemilih lebih dari satu kali. Selain itu, ia menuding petugas PPS menyalahi prosedur pemungutan dan belum paham aturan.

“Kedatangan kami ke Bawaslu  terkait  dugaan pelanggaran di TPS 05 Oelasin, TPS  01 Mbokak  dan TPS 03 Oelasin. Di TPS 05 Oelasin satu pemilih namanya  Mariana Manafe DPT nya  asal dari Lobalain TPS 02 Sanggaoen. Tetapi ia memberikan hak suara di TPS 05 Oelasin, buktinya saya sudah serahkan di panwaslu Format C6,” ujar Mikael kepada wartawan Senin (22/4).

Selain itu, salah satu pemilih 01 Mbokok Kevin Mesakh berdomisili di Mbokak ia mendapatkan 3 undangan. Menurutnya, undangan pertama TPS 1 Mbokak, undangan kedua 03 Oelasin,dan ketiga TPS 04 Oelasin,  dan pemilih ini memberikan suara di TPS 01 Mbokak dan TPS 03 Mbokak sedangkan ketiga di TPS 04 tidak jadi mengunakan hak suara karena alasan hendak buruh di sawah.

“Berkas C6 juga saya bawa untuk diserahkan di Panwaslu,” cetunya.

Dirinya berharap agar bawaslu mempertimbangan agar dilakukan pemilihan sura ulang (PSU) di dua TPS tersebut.

“Jadi adanya dugaan pelangaran ini saya berharap agar dilakukan pemilihan ulang,” kata Mikael

Terpisah ketua Bawaslu Kabupaten Rote Ndao, Tarsis Tomeluk mengaku menerima laporan dari Caleg PDIP Mikael Manu terkait dugaan pelangaran pemilu di daerah pemilihan 3, namun pihaknya belum bisa memberikan kesimpulan apakah akan digelar ulang pemilu atau tidak, pihaknya harus   memangil ketua TPS dan para pemilih yang dilaporkan baru bisa memberikan kesimpulan apakah digelar pemilu ulang atau tidak. (Dance)

Anda mungkin juga berminat