Harga Bawang Putih di Sukabumi Berangsur Turun

201

SUKABUMI (Garudanews.id) – Harga komudiatas bawang putih di Pasar Tradisional Kota Sukabumi bersangsur menurun. Itu terjadi, lantaran pasokan barang saat ini mulai stabil.

Saatmemasuki bulan Ramadhan, harga bawang putih diangka Rp 80 ribu perkilogram. Namun, beberapa hari terakhir harganya turun menjad Rp 40 ribu perkilogram.

“Saat ini harganya hanya Rp40 ribu perkilogram. Karena memang sekarang ini pasokannya sudah mulai banyak,” kata salah seoarang pedagang komuditas sayuran Pasar Panggleseran, Halimah (53) kepada garudanews.id belum lama ini.

Menurut Halimah, harga Rp 40 ribu saat ini masih terbilang cukup tinggi. Karena bila harga normal, bawang putih paling mahal dalam satu kilogramnya hanya diangka Rp 32 ribu.

“Kalau normalnya sih Rp 32 ribu, bukan Rp 40 ribu. Jadi ya angka sekarang ini masih lumayan tinggi,” akunya.

Meskipun belum kembali pada harga normal, Halimah mengaku penurunan harga ini berdampak pada ramainya pembelian bawang putih di pasaran. Ini karena bulan Ramadan, warga banyak yang menggunakannya untuk bumbu masakan.

“Waktu harganya naik, banyak pembeli yang mengeluh karena harganya tinggi. Sekarang alhamdulillah sudah mulai berangsur turun meski belum kembali keharga normalnya,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi, Ardiana Trisniawan mengaku penurunan harga ini karena banyaknya pasokan barang ke pasar.

“Kami terus memantau perkembangan harga sembako termasuk bawang putih di pasaran. Targetnya harga bisa stabil selama Ramadan agar bisa terjangkau oleh masyarakat,” ucapnya.

Dia memastikan, menjelang Idul Fitri mendatang kenaikan harga baik komuditas maupun yang lainnya tidak akan mengalami kenaikan yang signifikan.

“Saya harap, menjelang Idul Fitri kenaikan harga tidak terlalu melonjak,” tutupnya.
(Dei)

Anda mungkin juga berminat