Kali Bekasi Meluap, Beberapa Wilayah Bekasi Terendam Air

435

BEKASI (Garudanews.id) – Kali Bekasi meluap, pemukiman yang dilintasi oleh Kali Bekasi pun terendam air hingga 1 meter. Luapan kali Bekasi sendiri disebabkan oleh naiknya level ketinggian air di Kali Bekasi yang mencapai puncaknya pada pukul 07:00 Wib yaitu 650 Cm atau dalam katagori Top Level, sementara di sungai Cileungsi ketinggan air mencapai 380 Cm pada Pukul 02:30 Wib.

Wakil Ketua Satgas dan bid Humas Pusdalops PB BPBD kota Bekasi Karsono mengingatkan warga  untuk bersiap dengan segala kemungkinan mengingat cuaca yang tidak menentu.

“Antisipasi Banjir kiriman yang di sebabkan kenaikan Muka Air Sungai Bekasi, dan Limpasan Bendung Bekasi, di sejumlah wilayah terdampak Daerah Aliran Sungai (DAS),” kata Karsono, saat di hubungi via Whatsapp, Sabtu (11/05).

Sementara itu, beberapa titik yang rawan terhadap luapan Kali Bekasi yaitu Kecamatan Bekasi Timur (Kelurahan Margahayu Jln. Mayor Oking RT 04/02 Gg. Mawar VI ,Kel. Bekasi Jaya Gg. Kali Maya (patal) Kp. Lengkak Rw 008, Jembatan Pramuka Rw 008),  Kecamatan Bekasi Utara (Kelurahan Teluk Pucung Kp. Lebak.

“Kepada masyarakat agar tetap waspada, mengingat cuaca yang masih berubah-ubah serta agar tidak membuang sampah disembarang tempat dan kami harap warga diharap agar tenang dan melakukan evakuasi mandiri,” tambah Karsono.

Sementara itu, berapa titik di kelurahan Bekasi Jaya yang terkena dampak luapan Kali Bekasi yaitu di Rw 04, 05,07, 08 dan rw 13, sedangkan di kelurahan Margahayu di RW 02, 03 dan 08. Ketinggian air mencapai 30-100 Cm, dan yang terparah adalah kelurahan Bekasi Jaya Rw 08 yang mencapai 100 Cm.

BPBD kota Bekasi terus memantau ketinggian air dan berkoordinasi dengan aparatur wilayah. Hingga saat ini, ketinggian air berangsur menurun.

Sementara itu, Sekretaris Lurah (Sekel) Bekasi Jaya Pra Fitria Angelia menuturkan bahwa rumah yang terdampak luapan kali Bekasi di kelurahan Bekasi Jaya diperkirakan mencapai 50 KK.

“Ini kan banjir yang disebabkan oleh kiriman dari bogor, kalau untuk warga sekitar, ini sudah terbiasa, tapi seharusanya ketika adanya kiriman yang mengakibatkan luapan air kerumah warga, seharusnya diadakan turap, setidaknya kalau air masuk, tidak separah tadi,” kata Pipit (Sapaan akrabnya).

Pipit menambahkan bahwa kondisi rumah warga yang berbatasan langsung dengan bantaran kali sangat membahayakan bagi warga. Terlebih lagi tidak ada pembatas yang memisahkan kali dengan rumah warga.

“Tadi saya kelokasi, saya turun itu airnya tinggi, dan kalau saya bergeser sedikit kearah kali itu langsung ke aliran kali Bekasi,” katanya.

Sekedar diketahui, Rw 08 kelurahan Bekasi Jaya kecamatan Bekasi Timur adalah wilayah terdampak terparah akibat luapan Kali Bekasi.  BPBD dinilai terlambat memberikan informasi kepada pihak kelurahan untuk mengantisiapasi banjir tersebut.

“Kami baru dapat informasi jam delapan setelah air naik, seharusnya kami bisa lebih cepat mendapatkan informasi tersebut,” pungkasnya.

Untuk informasi selanjutnya terkait dengan kondisi kali Bekasi, dapat menghubungi BPPD kota Bekasi dengan kontak yang sudab tersedia yaitu.

*PUSDALOPS PB BPBD Kota Bekasi*

Alamat : Jalan Ahmad Yani no. 1, Gedung Eks Satpol-PP, Pemkot Bekasi.

Emergency Call : 1500444 , 119

Phone.        : 081282280283

Email           : bpbd.kotabekasi2015@gmail.com. (Mam)

Anda mungkin juga berminat