Lebaran 2019, Mobil Barang dan UPPKB Dibatasi Masuk Tol Bocimi

305

BOGOR (Garudanews.id) – Pada masa angkutan lebaran 2019, untuk jenis mobil barang dan Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB), Kementrian Perhubungan (Kemenhub) membatasi kedua kendaraan tersebut masuk jalan tol.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri (PM) Perhubungan RI Nomor 37 Tahun 2019. Dimana pembatasan berlaku terhadap mobil barang dan menutup UPPKB yang ditetapkan di Jakarta pada 15 Mei 2019 oleh Menteri Perhubungan Budi Karya. Termasuk bagi kendaraan barang yang masuk ke Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi).

Pembatasan berlaku mulai 30 Mei 2019 pukul 00.00 WIB sampai 2 Juni 2019 pukul 24.00 WIB dan pada 8 Juni 2019 mulai pukul 00.00 WIB sampai 10 Juni 2019 pukul 24.00 WIB. Bahkan Kemenhub juga menutup UPPKB berlaku diseluruh Pulau Jawa, Bali dan Provinsi Lampung mulai 29 Mei 2019 pukul 00.00 sampai 12 Juni 2019 pukul 24.00 WIB.

“Untuk kendaraan yang dibatasi meliputi mobil barang dengan sumbu tiga atau lebih, mobil barang dengan kereta tempelan dan kereta gandengan. Pembatasan ini berlaku di ruas jalan told an ruas jalan nasional seluruh Indonesia,”tulis Menhub Budi Karya dalam PM tersebut.

Sementara, Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengatakan, mobil barang yang dibutuhkan operasional adalah barang dengan gerakan tiga atau lebih. Selain itu ada pula kereta tempelan dan gandengan juga mobil barang. “Ini yang digunakan untuk mengangkut bahan tanah, pasir dan batu, bahan tambang dan bahan bangunan,” kata Budi dalam keterangan tertulisnya.

”Pembatasan operasional dikecualikan untuk mobil pengangkut sepeda motor pada arus mudik dan balik gratis tranfortasi lebaran, pengangkut bahan bakar minyak atau bahan bakar gas,”katanya.

Selain itu, pengecualian juga mencakup barang ekspor dari dan ke pelabuhan, air minum dalam kemasan, ternak, pupuk, pos dan uang serta bahan utama. Mobil barang pengangkut tersebut harus dilengkapi surat muatan yang diterbitkan pemilik barang yang diangkut  (Dei)

Anda mungkin juga berminat