Pengelolaan Dana Desa di Nusakdale Diduga Tidak Sesuai dengan Prosedur

213

ROTE NDAO (Garudanews.id) – Dana Desa (DD) yang digelontorkan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah desa yang diharapkan dapat dikelola dengan baik agar berdampak bagi kesejahteraan masyarakat desa. Ironisnya, namun masih saja ditemukan sejumlah penyimpangan.

Berdasarkan informasi dari sumber garudanews yang enggan disebut namanya, mengatakan  bahwa pengelolaan Dana Desa di Desa Nusakdale,  Kecamatan Pantai Baru, Kabupaten Rote Ndao, Kepala Desa (Kades) diduga telah menyalahi prosedur. Hal ini membuat perangkat desa di desa ini Nusakdale seperti tidak ada fungsi lagi .

Menurutnya, perangkat desa hanya dimanfaatkan oleh Kades untuk mengurus administrasi yang berhubungan dengan pencairan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa.  Namun ketika anggaran ini dicairkan, Kades sendiri langsung melakukan pembelanjaan tanpa melibatkan perangkat desa seperti Kaur Pembangunan (Kaur), Para Kepala Seksi dan Kepala Urusan.

Pengelolaan DD diduga dilakukan dengan menggunakan manajemen kios. Hal ini diduga karena Kades ingin mengambil keuntungan secara pribadi dari setiap item pekerjaan yang direncanakan pada tahun anggaran 2019 ini.

“Ini orang kelola dana desa sama ke urus kios, Tiba – tiba oto dari Ba’a su kasi turun semen pasir, perangkat desa dijadikan boneka,”  ujar sumber terpercaya.

Hingga berita ini diturunkan, Kepala Desa Nusakdale, yang dikonfirmasi media ini melalui telepon celullarnya belum bisa dihubungi karena nomor yang dituju diluar jangkauan.

Sementara itu, praktisi hukum, Aziz Iswanto mengatakan, bahwa dana desa yang selama ini digelontorkan oleh pemerintah pusat kerap dijadikan bancakan oknum kepala desa.

Menurut dia, kasus serupa juga bukan hanya terjadi di Kabupaten Rote Ndao, bahkan daerah yang PAD-nya tinggi saja dana tersebut kerap disunat.

“Untuk itu pihak Kejaksaan Kejaksaan Negeri Rote Ndao harus melakukan penyelidikan atas dugaan penyimpangan DD yang dilakukan oleh Kades Nusakdale itu,” singkat Aziz. (Dance Henukh)

Anda mungkin juga berminat