PIP PKS Temukan Sejumlah Kecurangan Pemilu Ulang di Malaysia

300

KUALA LUMPUR (Garudanews.id) – Kasus ditemukannya surat suara yang telah tercoblos sebelum proses Pemilu di negeri Jiran Malaysia  ternyat bukan hanya rumor.

Kasus itu pun akhirnya berujung pada Pemilihan Suara Ulang (PSU). Namun, lagi-lagi hasil temuan Bawaslu, yang merujuk hasil investigasi Pusat Informasi dan Pelayanan (PIP) PKS Malaysia yang menemukan adanya kecurangan terstruktur, sistematis dan masif (TSM).

Ketua PIP PKS Malaysia, Ali Sophian mengatakan, PSU digelar di PWTC, Kuala Lumpur, Malaysia pada 16-17 Mei 2019. Dia menuturkan, kader dan relawan PKS yang jadi saksi penghitungan menemukan banyak alamat yang tertulis di amplop surat suara berasal dari daerah Sekinchan, Selangor.

“Uniknya, beberapa alamat itu tampak berulang dalam jumlah yang besar. Yang lebih menarik perhatian adalah alamat-alamat yang berulang ini tidak menunjukkan sebagai sebuah alamat yang lengkap,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Minggu (19/5).

PIP PKS Malaysia pun menyempatkan berkunjung ke Sekinchan pada 17 Mei 2019 dan memulai investigasi pukul 20.00 waktu setempat. Ali mengaku proses mengunjungi alamat-alamat di amplop yang ada di wilayah Sekichan sempat dilarang petugas-petugas KPPSLN.

Namun pihak Panwaslu Kuala Lumpur menyatakan saksi boleh melihat atau mendapatkan alamat-alamat tersebut. Kader PKS lantas mendatangi alamat No 101 Pekan Sekinchan 45400 Sekinchan yang tertera di alamat pengiriman Pos.

Dikarenakan alamat ini tidak lengkap, maka tidak ditemukan apapun dalam kunjungan.

“Sekadar catatan, pencarian menggunakan Googlemap, membawa kami ke 101, Jalan Sabak Bernam, 45300, Sekinchan. Kami juga mengunjungi Kantor Pos Malaysia Sekinchan yang berkode pos sama dengan alamat-alamat Sekinchan pada amplop-amplop surat suara, yaitu 45400. Kantor Pos ini beralamatkan 8, Jalan Radin, Pekan Sekinchan, 45400, Sekinchan, Selangor,” tuturnya.

Ali melanjutkan, surat suara yang dikirim PPLN Kuala Lumpur untuk daerah Sekinchan dengan kode pos 45400 semestinya akan sampai di Kantor Pos ini sebelum didistribusikan. Kemudian, pihaknya juga menginvestigasi alamat lain yang kami sempat dapatkan di hari perhitungan yaitu No 183 Jalan Radin 45400 Sekinchan.

Jalan Radin tersebut, menurut dia, tepat di Kantor Pos. Selama penelusuran pihaknya di sepanjang jalan dan bertanya pada beberapa penduduk lokal, tidak ada satu pun yang pernah menemukan nomor 183 ataupun nomor-nomor di atas 170. (Red)

Anda mungkin juga berminat